Smartphone Akan Mengalami Kelangkaan dan Kenaikan Harga karena Hal Ini

| Jum'at, 30/07/2021 18:03 WIB
Smartphone Akan Mengalami Kelangkaan dan Kenaikan Harga karena Hal Ini Iphone (foto:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Setelah sebelumnya menyerang industri otomotif, kali ini kekurangan chip juga terjadi dalam industri smartphone. Kelangkaan defisit chip global atau yang biasa disebut chipmagedon sedang terjadi dan terus meluas.

Hal tersebut tentunya akan berdampak pada harga smartphone di kemudian hari karena kelangkaan chip tersebut untuk beberapa model smartphone tertentu.

CEO Apple Tim Cook memberikan isyarat bahwa kendala chip ini akan mengganggu penjualan iPhone dan produk lainnya seperti iPad.

"Kekurangannya bukan pada prosesor bertenaga tinggi yang diproduksi Apple untuk perangkatnya, tetapi chip untuk fungsi sehari-hari seperti menyalakan layar ponsel dan mendekode audio," kata Cook dikutip CNBC Indonesia, Selasa, 27, Juli 2021.

Selain Apple, HMD, yang meluncurkan beberapa smartphone Nokia memperingatkan kekurangan semikonduktor dapat menjadi tantangan bagi pembuat perangkat canggih yang memiliki skala lebih kecil.

"Kami melihat pasti ada keketatan keseluruhan" dalam rantai pasokan, Florian Seiche, CEO HMD, mengatakan kepada CNBC.

"Kami mungkin melihat ketidakseimbangan tertentu di pasar," katanya, seraya menambahkan bahwa permintaan untuk model kelas bawah cukup tinggi.

Analis memperkirakan bahwa langkanya chip di industri smartphone dipengaruhi oleh permintaan perbaikan chip di industri otomotif. Hal tersebut membuat perebutan chip besar-besaran di kedua industri itu.

Selain itu, beberapa produsen ponsel juga saat ini sedang dihadapkan dengan memulihnya permintaan smartphone global.

Bahkan data yang dihimpun dari perusahaan IT Gartner menyebut bahwa permintaan ponsel pintar telah tumbuh sebesar 26% pada kuartal-I 2021.

Dengan situasi ini, analis menambahkan bahwa konsumer sendiri akan merasakan peningkatan harga yang cukup signifikan. Selain itu, akan ada resiko kurangnya spesifikasi perangkat yang dibeli.

"Hasil yang mungkin terjadi di sini adalah harga ponsel yang lebih tinggi dan kekurangan yang lebih dalam untuk model tertentu," kata peneliti dari Forrester, O`Donnell.

"Dalam kasus Apple, Anda mungkin bisa mendapatkan iPhone 12 kelas atas, tetapi tidak iPhone XS kelas bawah.

Untuk pembuat smartphone lain seperti Samsung, LG, dan merek China seperti Xiaomi dan Huawei semua akan merasakan kesulitan," tambahnya.

 

 

Tags : Smartphone , Langka , Mahal

Video Terkait