NASA Sedang Uji Coba Taksi Udara eVTOL

| Kamis, 02/09/2021 17:03 WIB
NASA Sedang Uji Coba Taksi Udara eVTOL Taxi Udara eVTOL (foto:eVTOL)

RADARBANGSA.COM - NASA sedang melakukan uji coba taksi udara all-electric vertical takeoff and landing (eVTOL) yang dikembangkan oleh Joby Aviation, taksi udara tersebut berbentuk selayaknya seperti pesawat lepas landas.

Menurut situs resmi NASA, tes eVTOL ini adalah bagian dari Kampanye Nasional Advanced Air Mobility (AAM), yang bertujuan untuk menemukan dan menganalisis kesenjangan dalam peraturan dan kebijakan Federal Aviation Administration saat ini, dalam upaya untuk mengintegrasikan pesawat AAM ke dalam Sistem Ruang Udara Nasional.

"Pengujian Pengembangan Kampanye Nasional adalah langkah strategis penting dalam tujuan NASA untuk mempercepat garis waktu industri AAM, kata Hackenberg, dikutip dari Interesting Engineering.

Dalam tahap uji coba awal ini, NASA akan mengumpulkan data dari eVTOL Joby Aviation, yang telah dirancang untuk layanan penumpang komersial.

Tim NASA akan berfokus pada analisis gerak kendaraan, profil suara, dan cara berkomunikasi dengan pengontrol, menggunakan rangkaian lebih dari 50 mikrofon, serta memodelkan profil akustik pesawat dalam berbagai fase penerbangan.

Setelah AAM sepenuhnya dimasukkan ke dalam standar wilayah udara nasional, NASA mengharapkan pesawat eVTOL generasi berikutnya menjadi sistem yang terjangkau bagi transportasi kargo dan penumpang, di samping fungsi lain dalam melayani kepentingan publik.

Kemungkinan pengiriman mungkin termasuk drone pengiriman paket, kendaraan transportasi medis, dan, tentu saja, taksi udara.

Tentunya Indonesia akan menjadi salah satu negara yang membuthan taxi udara sebagai solusi untuk kemacetan.

Tags : Taxi Udara , eVTOL , NASA

Video Terkait