Dukung Inovasi kendaraan Listrik di Indonesia, BRIN Gelar IEMS 2021

| Rabu, 27/10/2021 12:08 WIB
Dukung Inovasi kendaraan Listrik di Indonesia, BRIN Gelar IEMS 2021 IEMS (foto:BRIN)

RADARBANGSA.COM - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) kembali berinisiasi untuk menggelar acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 dengan tema “Innovation for Better Future e-Mobility”, di Kawasan Puspitek Serpong, pada 24-26 November 2021.

Gelaran ajang pameran kendaraan listrik untuk kali kedua ini didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi; Kementerian Energi Sumber Daya Mineral; Kementerian Perhubungan; Dewan Energi nasional; PT Pertamina (Persero); PT PLN (Persero); PT LEN Industri (Persero); PT. Wijaya Karya Industri Manufaktur (WIMA).

Berbeda dengan ajang pameran dan seminar kendaraan listrik IEMS 2019, BRIN beradaptasi dan berinovasi dengan kondisi pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan teknologi digital berbasis internet. IEMS 2021 dihelat dengan Konsep Hybrid Exhibition dan Hybrid Seminar. Kegiatan ini juga diisi dengan TalkshowWebinar Series serta beberapa kegiatan lain diantaranya Test Drive Kendaraan Listrik.

IEMS 2021 merupakan bentuk dukungan BRIN bersama para pemangku kepentingan serta produsen kendaraan listrik dan komponen pendukungnya untuk memacu inovasi dan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia. Kegiatan ini juga sebagai wadah transaksi penjualan kendaraan listrik, sekaligus untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik di Indonesia.

Penjualan kendaraan listrik sendiri di Indonesia pada 2 tahun terakhir meningkat cukup pesat. Berdasarkan data jumlat Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) dari Kemenhub, untuk kendaraan listrik roda 4, kenaikan terbesar ada pada tahun 2021 yang mencatat penjualan sampai 4 kali lebih besar s.d. Agustus 2021, dibandingkan dengan penjualan sampai akhir tahun kalender 2020. Untuk kendaraan roda 2, kenaikan pada periode yang sama adalah 3 kali lebih besar, dengan penerbitan SRUT sebanyak 7526 (s.d. Agustus 2021).

Meskipun ini masih jauh di bawah penjualan kendaraan konvensional, trend ini menunjukkan tingginya minat masyarakat Indonesia dalam menggunakan kendaraan listrik. Beberapa kendala seperti harga kendaraan listrik, harga baterai, dukungan purna jual, dan ketersediaan infrastruktur masih menghantui calon pengguna kendaraan listrik.

Kegiatan inovasi dan riset pada kendaraan listrik dapat menjadi pivot penting untuk menyiapkan industri dalam negeri dalam mendukung era kendaraan listrik di Indonesia. Tidak kalah penting, regulasi serta insentif juga harus disinergikan, komitmen pemerintah telah terlihat dengan adanya target menghentikan penjualan kendaraan konvensional pada 2040 (roda 2), dan 2050 (roda 4). Dengan kegiatan IEMS ini, diharapkan seluruh pihak dari regulator, produsen, asosiasi, serta badan riset dan perguruan tinggi dapat menangkap pasar yang sangat potensial ini serta didukung penuh dengan industri dalam negeri, untuk mewujudkan Indonesia Net Zero Emission 2060.

Tags : BRIN , IEMS