iPhone Tanpa Charger Dilarang Dijual di Brazil

| Jum'at, 09/09/2022 17:10 WIB
iPhone Tanpa Charger Dilarang Dijual di Brazil iPhone 12 (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Brazil telah memutuskan bahwa Apple tidak dapat lagi menjual produk iPhone tanpa pengisi daya di Brasil.

Kementerian Kehakiman dan Keamanan Publik Brasil pada Awal Oktober ini menangguhkan penjualan segala jenis seri iPhone yang tidak mengikut sertakan pengisi daya. Tak hanya itu, Pemerintah Brazil juga mengeluarkan denda kepada Apple sebesar 12,2 juta real Brasil (sekitar £2 juta).

Sebelumnya  iPhone memutuskan untuk tidak menjual adapter sejak munculnya iPhone 12 ke atas.

Melansir Reuters, Legislator Brasil menilai Apple bersalah karena menjual "produk yang tidak lengkap" atau yang "tidak memiliki fungsi penting" dan "diskriminasi terhadap konsumen".

Argumen Apple yang mengatakan bahwa hal itu lantara masalah lingkungan tidak diterima oleh pemerintah Brasil, karena "keputusan perusahaan untuk menjual perangkat tanpa pengisi daya akhirnya mengalihkan seluruh beban kepada konsumen". 

Legislator Itu juga berpendapat bahwa beralih ke standar pengisian USB-C universal akan menjadi cara yang lebih baik untuk mengurangi dampak lingkungan, jika itu benar-benar tujuan Apple.

Kementerian Kehakiman dan Keamanan Publik Brasil berencana mengancam "hukuman yang lebih serius" jika Apple tetap melakukan pelanggarannya.

Agaknya, penjualan keluarga iPhone 14 tidak akan berlanjut di Brasil tanpa intervensi serius dari Apple.

Tags : iPhone 12 , iPhone charger , charger iPhone

Video Terkait