Indonesia - Prancis Kolaborasi Perkuat PengadaanSatelit

| Kamis, 22/09/2022 18:05 WIB
Indonesia - Prancis Kolaborasi Perkuat PengadaanSatelit Satelit Palapa (Doc: Kemenkominfo)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Republik Indonesia bersama Pemerintah Prancis akan bekerjasama untuk memperkuat kebutuhan satelit.

Kedua negara akan memperkuat kebutuhan satelit seperti 2A, 2B atau 3A, 3B. Pasalnya dari kebutuhan satelit Indonesia sebesar 1 Tbps, saat ini baru tersedia 230 Gbps dari dua satelit dengan total kapasitas 300 Gbps.

“Saat ini Indonesia masih membutuhkan lebih dari 700 Gbps. Pemerintah Prancis sangat ingin memberikan dukungan untuk pengadaan layanan satelit untuk kebutuhan transformasi digital, secara khusus infrastruktur digital Indonesia,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. plate dalam keterangan tertulisnya, Kamis 22 September 2022.

Selain penguatan pengadaan satelit, kedua negara juga sepakat bekerjasama dalam rencana pembangunan digitalisasi pertelevisian atau digital broadcasting.

Menurut Menkominfo, pembiayaan Pemerintah Prancis yang didukung oleh teknologi Prancis saat ini masuk ke tahap akhir diskusi-diskusi teknis menyangkut kontrak.

“Proyek kita untuk TVRI yang disebut dengan Digital Broadcasting (DBS) Project. Kita juga harapkan segera dapat dimulai karena pembiayaan dari porsi Rupiah juga sudah tersedia,” tandas dia.

Tags : Satelit , Teknologi

Video Terkait