Indonesia Ajak Google Kerjasama Tingkatkan Teknologi Digital

| Kamis, 20/10/2022 10:03 WIB
Indonesia Ajak Google Kerjasama Tingkatkan Teknologi Digital Foto googlecom

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Indonesia melakukan pertemuan dengan Google untuk membahas kerjsama di bidang teknologi digital.

Dalam kesempatan Pihak Indonesia yang diwakili Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melakukan pertemuan dengan Vice President of Global Government Affairs and Public Policy Google Karan Bathia di Washinton DC, Amerika Serikat belum lama ini.

Menkeu mengatakan bahwa pemerintah tengah memikirkan bagaimana cara membangun infrastruktur digital sekaligus juga meningkatkan kemampuan masyarakat (SDM) dalam memanfaatkan teknologi digital

“Itu sebabnya Indonesia fokus berinvestasi untuk membangun infrastruktur digital, terutama di remote area untuk meningkatkan konektivitas,” kata Menkeu dalam keterangan tertulisnya, Kamis 20 Oktober 2022.

Menkeu memaparkan Indonesia mempunyai banyak perusahaan kecil dan mengengah. Hanya saja tingkat literasi digital dan familirisasi-nya masih rendah sehingga perlu untuk ditingkatkan.

“Digitalisasi yang kian berkembang pesat membuat pekerjaan terkait digital saat ini menjadi lebih menarik. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya para youtuber dan content creator baru yang terus hadir, karena creative industry kini sangat menjanjikan,” sambung dia.

Indonesia pun berharap Google dapat berperan lebih banyak untuk mengembangkan Potensi SDM dan Teknologi Digital.

Adapun sejauh ini, Google dan Indonesia telah bekerja sama melalui pembangunan jaringan kabel, program peningkatan kapasitas dengan membangun program digital service certificate untuk peningkatan digital skill - program yang baru diluncurkan tahun ini namun sudah melibatkan sekitar 20 ribu orang, serta program academy educreator yang mengajarkan bagaimana Youtube digunakan untuk pendidikan (edukasi).

Program ini menarik banyak peminat dari Indonesia dan dapat lebih dikembangkan untuk reskilling bagi masyarakat Indonesia

Tags : teknologi digital , google

Video Terkait