Kemenpar Siapkan Rp 9,35 T Bangun 5 Destinasi Wisata Superprioritas

| Rabu, 11/09/2019 11:51 WIB
Kemenpar Siapkan Rp 9,35 T Bangun 5 Destinasi Wisata Superprioritas Menpar Arief Yahya (dok @Kemenpar_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyiapkan alokasi anggaran senilai Rp 9,35 triliun untuk membangun lima destinasi super prioritas, yaitu Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang.

Menpar Arief Yahya berujar, lima destinasi wisata ini adalah bagian dari 10 destinasi wisata prioritas yang dipercepat pembangunannya dalam lima tahun terakhir.

Menurut Arief, pembangunan infrastruktur dasar di lima destinasi wisata superprioritas itu, antara lain, jalan, jembatan, bendungan, hotel, area komersial, bandar udara, dan pelabuhan.

”Semua infrastruktur di lima destinasi superprioritas tersebut harus selesai pada 2020. Kepastian ini akan menjawab pertanyaan calon investor,” ujarnya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) III Kementerian Pariwisata di Jakarta, Selasa 10 September 2019.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan juga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 2,953 Triliun untuk pengembangan lima destinasi tersebut.

“Ini kita lakukan sebagai wujud dukungan Kemenhub. Setelah dapat arahan Presiden, saya dedikasikan anggarannya,” sebut Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa 10 September 2019.

Dari total Rp. 2,953 Triliun Rupiah, Kemenhub mengalokasikan sebesar Rp. 353,99 Milyar Rupiah pada tahun 2019 dan Rp. 2,6 Triliun Rupiah pada tahun 2020, untuk mengembangkan kelima destinasi pariwisata super prioritas tersebut.

Tags : Pariwisata , Destinasi , Kemenpar