Pemerintah Luncurkan Katalog Wisata Kesehatan & Skenario Perjalanan Wisata Kebugaran

| Rabu, 20/11/2019 11:00 WIB
Pemerintah Luncurkan Katalog Wisata Kesehatan & Skenario Perjalanan Wisata Kebugaran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama (foto: Setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan Katalog Wisata Kesehatan dan Skenario Perjalanan Wisata Kebugaran di Bali Room, Lobby Level, Ganesha Wing, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Peluncuran ini merupakan implementasi dari penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara 2 kementerian yang telah dilaksanakan pada tahun 2017 lalu.

Menparekraf Wishnutama Kusubandio menyebut buku katalog ini bisa jadi panduan bagi stakeholders, terutama di bidang pariwisata dalam mengembangkan wisata kesehatan. Buku ini bisa juga jadi referensi bagi wisatawan yang ingin berwisata kesehatan di Indonesia.

"Tren pariwisata ke depan memang bermacam-macam. Tujuan orang traveling saat ini berbagai macam ragam, dan salah satunya menjadi daya tarik ke depan adalah wisata kebugaran. Tentunya rencana seperti ini harus betul-betul kita kembangkan," ungkap Wishnutama di lokasi acara, Selasa 19 November 2019.

Menteri Kesehatan Letjen dr. Terawan Agus Putranto menambahkan, sebenarnya ada banyak potensi wisata kesehatan yang bisa dikembangkan di Indonesia. Tidak hanya industri obat dan alat kesehatan yang harus dikembangkan, tapi juga wisata kesehatan.

"Peluang besar industri wisata kesehatan yang belum tergarap di Indonesia dapat dilakukan dengan memperluas penetrasi usaha dalam mengembangkan potensi wisata kesehatan. Harus membuat inovasi-inovasi yang lebih hebat dari tempat lain," pungkas dr Terawan.

Menurut dr Terawan, ada 4 kluster wisata medis yang akan dikembangkan di Indonesia, antara lain wisata medis, wisata kebugaran dan jamu, wisata olahraga yang mendukung kesehatan dan wisata ilmiah kesehatan.

Sementara itu untuk destinasi wisata kesehatan dan kebugarannya, ada 5 destinasi yang dihighlight yaitu Semarang, Yogyakarta, Solo, Bali, dan Jakarta.

Tags : Kemenpar , Kemenkes , Wisata , Kesehatan