Menparekraf: Kunjungan Turis Asing per Juli 2022 Tertinggi Sejak Pandemi

| Selasa, 06/09/2022 19:45 WIB
Menparekraf: Kunjungan Turis Asing per Juli 2022 Tertinggi Sejak Pandemi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (Doc: Parekraf)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabarekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa wisatawan mancanegara (Wisman) yang berkunjung ke Indonesia per bulan Juli 2022 mencapai 476.970 orang. Capaian ini merupakan rekor tertinggi sejak pandemi COVID-19.

"Pada Juli 2022, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia (mencapai angka) tertinggi sejak pandemi," kata Sandiaga seperti dikutip dari laman resmi Setkab RI, Selasa, 6 September 2022.

Diungkapkannya, kunjungan turis asing ini didominasi oleh lima negara yaitu Australia, Singapura, Malaysia, India, dan Amerika Serikat dengan persentase peningkatan hampir 40 persen. "Secara kumulatif dari Januari hingga Juli, jumlah kunjungan wisman mencapai 1,2 juta kunjungan. Total peningkatannya hampir 15 kali lipat," ujarnya.

Peningkatan ini, terangnya, dipicu oleh kebijakan visa on arrival bagi wisman, khususnya ke Bali. Di mana, saat ini kunjungan wisman ke Bali telah mencapai angka 246.504 kunjungan per Juli 2022.

"Ini merupakan angka tertinggi setelah pandemi dengan angka kunjungan per hari mencapai sembilan ribu kunjungan. Di mana wisman-wisman ini masuk ke Indonesia melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Pelabuhan Benoa," tukasnya.

Mengenai kebijakan visa on arrival, tutur Sandiaga, saat ini sudah ada 75 negara yang masuk ke dalam daftar penerima visa on arrival dengan tambahan tiga negara baru yaitu Maladewa, Monaco, dan Kolombia. "Ada tambahan sembilan negara subjek bebas visa kunjungan khusus wisata ke Indonesia yaitu Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam," pungkasnya.

Tags : Menparekraf , Wisatawan , Pariwisata , Indonesia