Ini Tips Untuk Kamu yang Pertama Kali Camping, Catat ya!

| Selasa, 17/01/2023 22:35 WIB
Ini Tips Untuk Kamu yang Pertama Kali Camping, Catat ya! Ilustrasi camping. (Foto: iprice)

RADARBANGSA.COM - Kegiatan camping sering dikaitkan dengan pecinta alam. Ya, camping banyak digemari untu wisata dan healing.

Kegiatan camping sekarang banyak digemari karena dekat dengan alam. Mereka yang memilih camping untuk melepas penatnya biasanya ingin merasakan suasana berbeda dari perkotaan.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba pertama kali camping, tapi belum tahu apa saja yang harus diperhatikan dan disiapkan, berikut 5 tipsnya, seperti dilansir Camping in the Forest.

1. Persiapkan Barang Bawaan

Barang bawaan ketika camping sangat penting, karena kamu biasanya akan jauh dari fasilitas publik. Jadi sebelumnya berangkat camping, sebaiknya catat apa saja barang yang mesti dibawa saat camping.

Barang penting yang biasanya dibawa yakni obat-obatan, makanan yang cukup, minuman yang cukup, sampai kebutuhan pribadi yang kami gunakan sehari-hari. Sedikit melebihkan barang bawaan tidak masalah. Kamu juga perlu membawa kantong plastik untuk mengumpulkan sampah bekas kamu camping.

2. Tentukan Lokasi Camping

Kamu perlu menentukan lokasi camping yang tepat, terutama bagi pemula. Kamu perlu tahu seberapa jauh letak kamar mandi dari tempat camping dan di mana kamu bisa meminta pertolongan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pilih juga lokasi camping dengan pemandangan yang indah dan sedikit privasi. Dengan begitu, pengalaman pertama camping kamu akan lebih mengesankan.

3. Rencanakan Aktivitas

Di tempat camping, kamu perlu memperoleh informasi mengenai kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di sana. Apakah di tempat camping itu bisa melakukan aktivitas trekking, bersepeda, naik perahu, atau yang lainnya.

Merencanakan aktivitas selama camping penting, agar kamu juga tidak merasa bosan. Kamu juga perlu tahu aturan-aturan yang ada di lokasi camping.

4. Cek Ramalan Cuaca

Ketika camping, berarti kamu berada di area terbuka dan dekat dengan alam, sehingga cuaca yang baik bisa sangat mendukung aktivitas di sana. Oleh karena itu, penting untuk mengecek lebih dulu ramalan cuaca di hari kamu melakukan camping.

Jika turun hujan dan peralatan serta perlengkapan kamu tidak optimal, maka pengalaman camping pertamamu tentu akan terganggu dan bisa berantakan.

5. Pastikan Ukuran Tenda

Saat camping, tenda menjadi rumah sementara bagi kamu untuk berteduh, termasuk tidur. Kamu perlu memerhatikan seberapa besar ukuran tenda, sehingga ketika berada di dalamnya, kamu merasa nyaman dan tidak terlalu sempit.

Agar kamu lebih leluasa di dalam tenda, sebaiknya bawa tenda yang ukurannya lebih dari jumlah orang yang tidur di dalamnya, karena bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang bawaan.

Tags : Camping , Tenda , Wisata , Alam

Berita Terkait