Jelang Mudik Lebaran, 412 Pesawat Siap Terbang

| Kamis, 16/03/2023 20:23 WIB
Jelang Mudik Lebaran, 412 Pesawat Siap Terbang Maskapai Garuda Indonesia (foto: tiket.com)

RADARBANGSA.COM - Mudik lebaran idul fitri tahun ini diprediksi akan meningkat. Semua moda transportasi terus mempersiapkan diri jelang mudik lebaran pada pertengahan April mendatang.

Ditjen Perhubungan Udara menyatakan ada 412 pesawat yang akan disiapkan untuk melayani masyarakat untuk mudik lebaran tahun ini.

"Para operator penerbangan sudah siapkan 412 pesawat tidak hanya untuk lebaran tapi pada masa (arus) mudik lebaran, baik pesawat kecil, besar, untuk domestik dan juga internasional," kata Direktur Kelaikan dan Pengoperasian Pesawat Udara Ditjen Perhubungan Udara M. Mauludin dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Maret 2023.

Dari 412 pesawat yang disiapkan, saat ini 112 pesawat di antaranya masih melakukan perawatan alias maintenance. Dalam data yang dipaparkan oleh Mauludin, ada sekitar 13 maskapai yang menyiapkan pesawat untuk mudik lebaran.

Maskapai yang menyiapkan pesawat saat mudik lebaran mulai dari Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Wings Air, Super Air Jet, dan Sriwijaya Air. Kemudian, ada NAM Air, Pelita Air, Trans Nusa, Susi Air, Trigana Air, dan AirAsia Indonesia.

Tercatat, Lion Air menyiapkan pesawat terbanyak, yakni sebanyak 110 pesawat di mana 24 pesawat masih melakukan proses maintenance. Kemudian, Garuda Indonesia dan Wings Air menyiapkan 71 pesawat.

Untuk Garuda Indonesia masih ada 17 pesawat yang masih maintenance, sedangkan Wings Air ada 21 pesawat yang melakukan maintenance. Hanya Pelita Air, Transnusa, dan Susi Air yang semua pesawatnya sudah siap digunakan tanpa maintenance untuk mudik lebaran tahun ini. Pelita Air mengoperasikan 5 pesawat, Transnusa 4 pesawat, dan Susi Air 25 pesawat.

Tags : Kemenhub RI , Mudik , Lebaran , Pesawat , Garuda Indonesia