4 Geopark Indonesia Ini Masuk Jaringan UNESCO Global Geopark

| Jum'at, 26/05/2023 20:50 WIB
4 Geopark Indonesia Ini Masuk Jaringan UNESCO Global Geopark Lingkar Ijen (Foto: Liputan6.com)

RADARBANGSA.COM - UNESCO resmi menunjuk empat situs geopark Indonesia ke dalam jaringan UNESCO Global Geoparks (UGG). Dengan demikian kini terdapat 10 Geopark Indonesia yang berada dalam jaringan UGG.

Keempat geopark baru ini adalah Ijen UNESCO Global Geopark, Maros Pangkep UNESCO Global Geopark, Merangin Jambi UNESCO Global Geopark, dan Raja Ampat UNESCO Global Geopark. 

Penetapan keempat situs geopark tersebut berdasarkan keputusan pada Sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-216 di Paris, Prancis, Rabu 24 Mei 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga mengatakan legitimasi dari UNESCO ini akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya terhadap keberlanjutan pelestarian potensi (keanekaragaman hayati dan keragaman budaya) yang ada di dalam masing-masing geopark. 

"Sekaligus sebagai sarana promosi yang efektif sehingga dapat menambah minat wisatawan, tidak hanya nusantara tapi juga mancanegara. Sehingga pada akhirnya akan memberikan dampak yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat," tutur Sandiaga.

Sebagai informasi, UNESCO Global Geopark adalah sebuah wilayah geografis di mana situs dan lanskap yang menjadi aset geologis internasional dikelola dengan konsep konservasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat secara terpadu.

Tags : UGG , Ijen , Unesco

Berita Terkait