Mendag Lutfi Apresiasi Pelaku UKM di Pasar Tradisional Melek Digital

| Kamis, 03/02/2022 20:46 WIB
Mendag Lutfi Apresiasi Pelaku UKM di Pasar Tradisional Melek Digital Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengunjungi Pasar Keramat Jati, Jakarta, Kamis (3/2). (Foto: twitter @MendagLutfi)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyebut bahwa pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di pasar tradisional mulai melek digital. Hal itu disampaikannya saat mengunjungi Pasar Induk Keramat Jati, Jakarta, Kamis, 3 Februari 2022.

"Kita melihat ada beberapa tren yang baru, bahwa pelaku UKM di pasar tradisional itu sudah melek digital. Jadi, sudah mulai mereka menjual secara digital," ujarnya.

Bahkan diungkapkannya, seorang pedagang mengaku meraih 80 persen omzetnya dari berjualan di platform digital. Mendag Lutfi menilai hal tersebut sangatlah baik, terlebih Kementerian Perdagangan akan melakukan satu juta `onboarding` untuk UKM di platform digital.

Dilansir dari antaranews, Lutfi memastikan bahwa pada 2022 ia akan mendorong 1 juta UMKM untuk onboarding. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan nilai ekspor UMKM. Jika terhubung dengan platform digital maka akan memudahkan mereka untuk ekspor.

Saat ini, terdapat 16 ribu eksportir dan 85 persen merupakan UMKM. Namun, nilai ekspornya hanya 5 persen, sehingga 95 persennya didominasi oleh pengusaha-pengusaha besar.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan nilai ekspor, Kementerian Perdagangan akan membantu para pelaku UMKM meningkatkan nilai ekspornya. Selain itu, dengan mendorong 1 juta UMKM di tahun depan, Mendag Lutfi berharap jumlah eksportir dari UMKM pun dapat bertambah.

Tags : Menteri Perdagangan , UKM , Digital , Ekspor

Berita Terkait