• Kamis, 19/05/2022 15:23 WIB

    Pelajaran Terbaik dari Pandemi dan Langkah Selanjutnya

    Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker di luar ruangan atau area terbuka. Kebijakan ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (17/5), karena memperhatikan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang saat ini terkendali. Walaupun, di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap disarankan menggunakan masker, juga lansia dan orang dengan komorbid.

  • Minggu, 10/04/2022 19:20 WIB

    Spekulasi Mafia Kebutuhan Pokok Harus Dituntaskan Melalui Proses Hukum

    PENGAKUAN regulator negara tentang kekalahan dari mafia minyak goreng sudah direspons oleh Presiden Joko Widodo melalui penerapan kebijakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng. 

  • Senin, 14/02/2022 12:32 WIB

    Kelangkaan Minyak Goreng dan Kedelai Jangan Berlarut-larut

    Persoalan kelangkaan minyak goreng dan tingginya harga kedelai tidak boleh menjadi faktor yang mengeskalasi masalah. Agar masalahnya tidak berlarut-larut, pemerintah perlu menempuh semua cara yang legal untuk mengatasi dua masalah ini.

  • Rabu, 26/01/2022 15:55 WIB

    Pos Kesehatan Pesantren Dalam Raperda Tenaga Keperawatan

    Terangkumnya layanan kesehatan berupa Pos Kesehatan Pesantren merupakan respon yang baik terhadap keberadaan Pesantren sebagaimana UU No. 18 Tahun 2019 tentang Pondok Pesantren Pasal 12 bahwa Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sesuai kewenangannya dapat memfasilitasi Pesantren pada aspek kebersihan, kesehatan, keamanan dan lain sebagainya. 

  • Kamis, 28/10/2021 11:32 WIB

    Upaya Peningkatan Indeks Demokrasi di Tengah Pandemi

    Pada masa pandemi memang penulis rasakan menurunnya frekuensi pembahasan Raperda inisiatif DPRD sebagai indikator proses demokrasi. Sesungguhnya banyak Raperda inisiatif DPRD yang hemat penulis sangat populis dekat dengan aspirasi masyarakat seperti: Raperda Pelindungan Obat Tardisional, Raperda Pelindungan Pekerja Migran Indonesia dan Keluarganya, Raperda Tenaga Keperawatan, Raperda Desa Wisata, Raperda Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan, Raperda Pengembangan Pesantren, dan lain sebagainya.

  • Jum'at, 24/09/2021 17:06 WIB

    Perempuan Rentan dan Sistem Pertanian di Pedesaan

    Perempuan memiliki posisi penting dalam lintas sektor. pengarus utamaan peran perempuan di dalam narasi pembangunan kerapkali didereduksi pada persoalan ruang-ruang publik yang erat kelindan dengan isu-isu di kawasan urban. Padahal jangkauan arus utama narasi gender tidak terbatas kerangka geografis tertentu. Hal itu berdasarkan pada hipotesis ‘keadilan gender hadir di semua ruang sepanjang problem kerentanan itu ada’. Keberadaan perempuan sangat signifikan bagi pertumbuhan pembangunan terutama di kawasan pedesaan yang erat kaitannya dengan corak produksi pertanian. Kendati demikian keberadaan perempuan selalu rentan dalam relasi sosial dan ekonomi.

  • Selasa, 21/09/2021 20:44 WIB

    Lagi, Menyoal Kenaikan Cukai Tembakau

    Indonesia tecatat sebagai sepuluh besar produsen dan konsumen tembakau di dunia. Mungkin hal inilah yaang mendasari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok tahun depan direncanakan bakal naik. Besaran kenaikan tarifnya belum disepakati, sebab pemerintah masih mengkaji dampak kebijakan fiskal tersebut terhadap beberapa aspek pertimbangan.

  • Senin, 23/08/2021 11:01 WIB

    Gus Dur, Aspirasi Keadilan dan Reforma Agraria

    Gerakan Reforma Agraria di Indonesia menghargai pemikiran Gus Dur.

  • Rabu, 30/06/2021 15:18 WIB

    Gus Muhaimin Bangun PKB Yes, Nyapres Yes!

    Nalar suksesi 2024 menempatkan banyak pengamat menukik pada prospek pencapresan Abdul Muhaimin Iskandar, biasa disapa Gus Muhaimin dalam pemilu 2024. Pun para kader PKB di akar rumput setali tiga uang, Gus Muhaimin Presiden 2024.