• Jum'at, 22/05/2020 19:51 WIB

    Pandemi Covid-19 Menghantam Usaha Mikro Kecil dan Menengah

    Kasus Corona (Covid-19) di Indonesia akan memperpanjang mimpi buruk bagi pelaku UMKM belum lagi berbagai kebijakan yang telah dibuat pemerintah seperti Social DistancingPhysical distancing, dan PSBB yang akan membatasi mobilisasi masyarakat secara agregat dan  akan berdampak pada perlambatan aktivitas ekonomi sehingga akan mempengaruhi secara langsung perilaku masyarakat dalam memenuhi kebutuhanan (supply and demand) akan dibatasi.

  • Senin, 11/05/2020 21:42 WIB

    Idul Fitri di Tengah PSBB, Kapan akan Berakhir?

    Kita sudah memasuki lebih dari separuh Ramadhan 144xH, biasanya warga kota besar sudah bersiap-siap untuk pulang kampung ke kampong halamannya masing-masing. Merayakan Idul Fitri bersama keluarga tercinta di kampung halaman, berbagi rezeki Tunjangan Hari Raya memeratakan “kue” ekonomi dari kota ke desa. Tapi tahun ini berbeda.

  • Kamis, 07/05/2020 17:11 WIB

    Mereduksi Pelanggaran Netralitas ASN di Pilkada Mendatang

    menjaga netralitas ASN dalam pilkada serentak tahun 2020 ini sama pentingnya menjaga pemilu/pilkada untuk tetap terselenggara secara demokratis, jujur, dan adil.

  • Rabu, 06/05/2020 15:53 WIB

    Respon KPA Terhadap Defisit Pangan dan Rencana Cetak Sawah Baru

    Program cetak sawah baru menjadi jawaban pemerintah untuk mengatasi defisit pangan. Pandangan kami terhadap rencana ini adalah sebagai berikut:

  • Senin, 04/05/2020 08:01 WIB

    Penjaminan Mutu Sertifikasi Kompetensi Jarak Jauh

    Kompetensi tenaga kerja masih menjadi salah satu isu utama ketenagakerjaan. Menurut laporan Talent Rangking 2018, tingkat daya saing tenaga kerja Indonesia masih kalah dibanding beberapa negara ASEAN.

  • Kamis, 30/04/2020 17:23 WIB

    RUU Cipta Kerja Kubur Cita-cita Indonesia Berdaulat Pangan

    Omnibus Law atau RUU Cipta Kerja hadir di saat bangsa Indonesia tengah berjibaku untuk memutus ketergantungan pada produk-produk impor pertanian, khususnya subsektor pangan. Saat pembahasan RUU Cipta Kerja,  Badan Pangan Dunia (FAO) mengeluarkan peringatan akan adanya ancaman krisis pangan global akibat pandemi virus covid-19.

  • Minggu, 26/04/2020 14:57 WIB

    Menilik Masa Depan Indonesia Pasca Pandemi

    Hari demi hari pasien positif corona meningkat, dan peningkatannya cukup drastis. Satu hari saja angka positif corona bisa bertambah ratusan. Maka, tidak heran jika angka itu hingga sampai hari ini mencapai ribuan.

  • Sabtu, 25/04/2020 15:55 WIB

    Efektivitas PSBB Melalui Penerapan Sanksi Menempati Rumah Angker

    untuk memberikan efek jera terhadap orang yang ngeyel seperti: tidak melakukan physical distancing atau tidak melakukan insolasi diri di rumah masing-masing bagi pemudik maka, langkah tepat adalah dengan memberikan sanksi kurungan atau diisolasi diri di tempat yang notabene angker.

  • Rabu, 22/04/2020 16:25 WIB

    Mengawal ADD dan BLT-Dana Desa Di Tengah Wabah Corona

    Dengan adanya virus Corona yang pada akhirnya menjadi momok yang menakutkan sehingga, mau atau tidak, sebagian dari APBN maupun APBD yang semula diperuntukkan untuk pembangunan pada gilirannya, digunakan untuk pencegahan virus Corona. Termasuk juga, ADD ikut disunat dan dijadikan sebagai bantuan langsung tunai (BLT) bagi masyarakat miskin di desa.