• Rabu, 21/04/2021 16:35 WIB

    Sebenarnya Boleh atau Tidak Zakat Fitrah dengan Uang?

    Zakat Fitrah adalah zakat yang dikeluarkan pada bulan Ramadan hingga sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri. Zakat Fitrah hukumnya wajib bagi perempuan, laki-laki maupun anak-anak hingga orang yang sudah tua. Ketentuan zakat yang harus dibayarkan adalah besaran 1 sha makanan atau setara dengan 2,5 kg beras.

  • Rabu, 21/04/2021 16:29 WIB

    Sungguh Betapa Istimewa Puasa Dibanding Ibadah Lainnya

    Semua hal yang menyangkut ibadah adalah baik dan memiliki bermacam-macam keistimewaan di dalamnya. Seperti ibadah puasa, banyak riwayat yang mengatakan bahwa puasa adalah ibadah yang memiliki beberapa keistimewaan dibandingkan dengan ibadah lainnya. Salah satu hadis yang menjelaskan keistimewaan puasa dibandingkan dibadah lainnya, adalah hadis qudsi berikut ini:

  • Selasa, 20/04/2021 16:21 WIB

    Bolehkah Mencicipi Makanan di Mulut Ketika Berpuasa?

    Salah satu yang dapat membatalkan puasa adalah masuknya sesuatu ke dalam perut melalui lubang anggota tubuh salah satunya adalah tenggorokan. Sedangkan mulut termasuk dalam anggota badan luar, artinya jika orang yang berpuasa memasukkan sesuatu sampai mulut, belum sampai tenggorokan maka puasanya tetap sah dan tidak batal. 

  • Selasa, 20/04/2021 15:32 WIB

    Jangan Lupa! Zakat Fitrah di Bulan Ramadan

    Zakat Fitrah merupakan zakat yang disyariatkan bersamaan dengan ibadah puasa Ramadan. Kewajiban membayar Zakat Fitrah menjadi tanggung jawab setiap orang muslim baik perempuan, laki-laki maupun anak-anak. Ketentuan lainnya Zakat Fitrah dilakukan pada saat menjelang hari raya Idul Fitri atau sebelum menunaikan salat Idul Fitri.

  • Senin, 19/04/2021 15:45 WIB

    Benarkah Tidurnya Orang yang Sedang Berpuasa adalah Ibadah?

    Salah satu hadis yang populer di perbincangkan di dalam bulan Ramadan adalah tidurnya orang yang sedang berpuasa akan dihitung sebagai ibadah. Berpuasa memang memiliki banyak keutamaan di dalamnya. Namu, hadis ini seringkali di salah gunakan dan dijadikan sebuah alasan untuk bermalas-malasan ketika sedang berpuasa. Lalu bagaimana maksud hadis tersebut yang sebenarnya?

  • Senin, 19/04/2021 15:34 WIB

    Apakah Boleh Bermesraan Ketika Berpuasa?

    Puasa adalah menghindari segala hal yang dapat membatalkan puasa, seperti makan minum dan juga berhubungan badan suami istri yang sudah sah. Pada dasarnya bermesraan seperti menggenggam tangan ataupun mencium istri tidaklah membatalkan puasa. Namun sebaiknya dihindari karena dapat membangkitkan syahwat atau hingga dapat mengakibatkan ejakulasi pada laki-laki.

  • Jum'at, 16/04/2021 15:01 WIB

    Beberapa Hal yang Menghilangkan Pahala Puasa

    Puasa bukan hanya mengenai menahan nafsu dari segala hal yang dapat membatalkan puasa, puasa adalah ibadah yang membawa kita untuk meninggalkan segala maksiat agar mendapatkan pahala dan keberkahan dari puasa. Hadis Rasulullah SAW menyampaikan mengenai hal ini:

  • Jum'at, 16/04/2021 12:40 WIB

    Khataman Alquran Selama Ramadan

    Kurang lengkap rasanya jika tidak mengisi bulan suci ramadan dengan beribadah membaca Alquran. Tradisi mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadan bukan lah tidak ada sebab. Bulan Ramadan adalah bulan di mana diturunkannya Alquran sebagai petunjuk bagi manusia, sehingga di bulan suci Ramadan ini juga dikenal sebagai bulan Alquran.

  • Kamis, 15/04/2021 16:29 WIB

    Hukum Mengutamakan Nafkah Istri daripada Ibu Kandung?

    Terkadang seorang suami diharuskan berhadapan dengan untuk memilih antara istri atau orangtua. Pasalnya, dalam agama Islam seorang suami diharuskan secara agama untuk memperlakukan kedua pihak secara baik. Ketika dihadapi dengan situasi sulit dan harus memilih satu pilihan untuk hanya manafkahi istri , seringkali dihantui dengan rasa bersalah. Lantas bagaimana menurut pandangan Islam?

  • Kamis, 15/04/2021 16:11 WIB

    Bolehkah Puasa Ramadan Ditumpangi Niat Puasa Lain?

    Terdapat beberapa ibadah yang diperbolehkan digabung di dalam satu niat dan masing-masing akan di nilai sah dan mendapatkan pahala. Misalnya dalam puasa sunah senin kamis diperbolehkan juga dibarengi niat mengada puasa Ramadan. Atau dalam salat tahiyyatul masjid dapat diniati sekalian salat qabliyah Zuhur. Niat seperti demikian akan dihukumi sah ibadahnyamenjadi masing-masing tiap ibadah walaupun dibarengi pengerjaannya. Lantas bagaimana jika menumpangi niat puasa Ramadan?