• Kamis, 07/10/2021 15:59 WIB

    Kunci Atasi Potensi Tenggelamnya Jakarta dan Pantura dengan Mitigasi dan Adaptasi

    Profesor Riset bidang Meteorologi pada Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (LAPAN BRIN), Prof. Dr. Eddy Hermawan menyebut setidaknya terdapat tiga faktor yang harus diperhatikan dalam mengantisipasi tenggelamnya Jakarta dan wilayah pantura. Yaitu kondisi kenaikan permukaan laut (SLR/sea level rise), penurunan tinggi permukaan tanah (LS/land subsidence), dan kondisi regional.

  • Kamis, 07/10/2021 11:01 WIB

    Upaya BRIN untuk Selamatkan Daerah Jakarta dan Pantura Tenggelam

    Isu pemanasan global telah mengemuka di beberapa tahun terakhir. Salah satu dampak yang mengancam yaitu tenggelamnya pesisir utara Jawa, termasuk Jakarta. Laksana Tri Handoko, selaku Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan bahwa riset dapat menjadi potensi solusi untuk menyelamatkan Pantura dan Jakarta dari laju penurunan permukaan lahan.

  • Selasa, 05/10/2021 13:01 WIB

    Menyelam Melebihi 2000 M Ekspedisi SJADES Temukan 27 Spesies Bawah Laut Baru

    Ekspedisi Keanekaragaman Hayati SJADES (South Java Deep-Sea) telah dilakukan dari tanggal 23 Maret hingga 5 April 2018 di perairan dalam Selat Sunda dan Barat Daya Jawa. Kegiatan ini merupakan ekspedisi gabungan antara Indonesia dan Singapura yang dipimpin oleh Prof. Dr. Dwi Listyo Rahayu, peneliti Pusat Riset Oseanografi BRIN, bersama dan Peter Ng, peneliti dari National University of Singapura (NUS). Mereka didukung oleh tim peneliti dan staf pendukung dari kedua negara.

  • Selasa, 05/10/2021 12:16 WIB

    BRIN Telusuri Hasil Uji Kandungan Parasetamol Tinggi di Air Laut Ancol

    Tim peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasiona (BRIN) dan University of Brighton UK merilis hasil dari studi pendahuluan (preliminary study) mengenai kualitas air laut di beberapa situs terdominasi limbah buangan. Hasil studi tersebut dimuat dalam jurnal Marine Pollution Bulletin berjudul “High concentrations of paracetamol in effluent dominated waters of Jakarta Bay, Indonesia”. Hasil riset Dr. Wulan Koagouw (BRIN, UoB), Prof. Zainal Arifin (BRIN), Dr. George Olivier (UoB), dan Dr. Corina Ciocan (UoB) ini menginvestigasi beberapa kontaminan air dari empat lokasi di Teluk Jakarta yaitu: Angke, Ancol, Tanjung Priok, dan Cilincing; serta satu lokasi di pantai utara Jawa Tengah yakni Pantai Eretan.

  • Rabu, 29/09/2021 13:14 WIB

    BMKG : Prakiraan Hilal Awal Bulan Rabiulawal 1443 H saat Matahari Terbenam 6 dan 7 Oktober 2021

    Keteraturan peredaran Bulan dalam mengelilingi Bumi, dan Bumi dengan Bulan dalam mengelilingi Matahari memungkinkan manusia untuk mengetahui penentuan waktu. Salah satu penentuan waktu adalah penentuan awal bulan Hijriah yang didasarkan pada peredaran Bulan mengelilingi Bumi.

  • Rabu, 29/09/2021 12:52 WIB

    SpaceX Berkomunikasi dengan Lapan, Indonesia Berpotensi Punya Bandara Antariksa?

    Space X dikabarkan pernah berkomunikasi dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Kepala Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN (sebelumnya adalah LAPAN) Erna Sri Adiningsih terkait pembangunan bandara antariksa di Indonesia.

  • Rabu, 29/09/2021 06:58 WIB

    Telkom Berikan Kompensasi Bagi Pelanggan IndiHome

    Sehubungan dengan adanya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa ruas Batam - Pontianak hari Minggu lalu, 19 September 2021, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) akan memberikan kompensasi kepada pelanggan yang terdampak sesuai aturan yang berlaku.

  • Senin, 27/09/2021 12:36 WIB

    PeduliLindungi Akan Terintegrasi dengan Beberapa Aplikasi

    Permudah data vaksinasi mulai Oktober, aplikasi PeduliLindungi akan terintegrasi dengan aplikasi lainnya. 

  • Kamis, 23/09/2021 12:33 WIB

    Pantauan BMKG Adanya Potensi Cuaca Ekstrem di Masa Peralihan Musim

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau seluruh masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di masa peralihan (pancaroba) dari musim kemarau ke musim hujan.

  • Kamis, 16/09/2021 19:08 WIB

    Sebelum Menjual iPhone Lama, Lakukan Hal Ini Terlebih Dulu

    Ketika ingin menukar iPhone lama anda dengan menjualnya atau menukarnya dengan yang baru, pastikan untuk terlebih dahulu menghapus semua data anda di dalam iPhone lama tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan kebocoran informasi pribadi agar tidak jatuh ke tangan yang salah.