Tingkatkan Produktivitas, Menaker Ida Fauziyah Tekankan Pentingnya Hubungan Industrial Harmonis

| Senin, 29/05/2023 20:46 WIB
Tingkatkan Produktivitas, Menaker Ida Fauziyah Tekankan Pentingnya Hubungan Industrial Harmonis Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menekankan pentingnya hubungan industrial yang harmonis dalam sebuah perusahaan. Hal ini dibutuhkan untuk menciptakan keharmonisan antara perusahaan dan pekerja, juga meningkatkan produktivitas kerja.

"Jika harmoni tercipta, maka yakin produktivitas kerja itu akan naik," kata Menaker Ida Fauziyah saat menghadiri Halal Bihalal yang diselenggarakan PT Nestle Indonesia di Jakarta, Jumat (26/5/2023) lalu.

Menurut Menaker Ida, ada beberapa upayan yang dilakukan perusahaan agar menciptakan keharmonisan di tempat kerja. Mulai dari syarat kerja yang memuat hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama (non-diskriminasi) di tempat kerja, termasuk mengatur perlindungan dalam hal pengupahan, juga jaminan sosial dan kesejahteraan pekerja.

“(Upaya lain), yakni memberikan perlindungan kepada semua pekerja dengan memberikan kondisi kerja yang aman, nyaman dan kondusif serta bebas dari tindakan pelecehan seksual di tempat kerja,” imbuh Menaker Ida Fauziyah.

Selain itu, lanjut Menaker Ida, dalam waktu dekat akan menerbitkan peraturan terkait pencegahan kekerasan seksual di tempat kerja. Salah satunya untuk menjamin agar tidak terjadi kekerasan seksual di tempat kerja yaitu di antaranya harus ada satgas.

"Dengan adanya satgas ini diharapkan tidak ada penghalang bagi siapa pun yang mengalami pelecehan seksual, untuk speak up atas kondisinya," tukas Menaker Ida Fauziyah.

Tags : Hubungan Industrial , Kemnaker ,

Berita Terkait