Hadapi Ancaman Krisis Pangan, Menteri Trenggono Ajak Masyarakat Jaga Ekosistem Perikanan

| Selasa, 21/11/2023 19:29 WIB
Hadapi Ancaman Krisis Pangan, Menteri Trenggono Ajak Masyarakat Jaga Ekosistem Perikanan ilustrasi ikan (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengajak masyarakat untuk bersama-sama melindungi ekosistem perikanan sebagai upaya memperkuat sistem ketahanan pangan yang berkelanjutan di tengah ancaman krisis pangan global. 

“Ekosistem yang sehat akan menghasilkan produk perikanan secara kontinyu dan berkualitas untuk dikonsumsi masyarakat,” kata Sakti Wahyu Trenggono di Tangerang, Selasa, 21 November 2023.

Trenggono mencontohkan di antaranya dengan bijak mengelola sampah agar tak berakhir mengotori sungai dan laut. Kemudian tidak menangkap ikan dengan cara merusak, hingga mendukung kegiatan pelestarian ekosistem perikanan dengan tidak merusak terumbu karang, mangrove, dan padang lamun, serta tidak menangkap biota-biota yang dilindungi.

“KKP sendiri diakuinya memiliki strategi untuk menjaga ekosistem sumber daya kelautan dan perikanan tetap sehat yang dikemas dalam lima program prioritas ekonomi biru,” ungkapnya.

Trenggono menjelaskan, kelimanya mencakup perluasan kawasan konservasi, penerapan kebijakan penangkapan ikan terukur berbasis kuota, pembangunan perikanan budidaya berkelanjutan, pengawasan dan pengendalian terhadap seluruh kegiatan di kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil, serta menggelar gerakan nasional pembersihan sampah di laut.

"Program ekonomi biru tidak hanya melihat potensi kelautan sebagai komoditas ekonomi, tetapi juga menekankan pentingnya menjaga kelestarian ekosistem laut," jelas Trenggono.

Tags : KKP , Pangan , Ikan

Berita Terkait