Hadiri Dialog Terbuka di UMS, Pasangan AMIN Usung Prinsip Keadilan dan Kesetaraan

| Rabu, 22/11/2023 15:51 WIB
Hadiri Dialog Terbuka di UMS, Pasangan AMIN Usung Prinsip Keadilan dan Kesetaraan Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1, Anies-Muhaimin menghadiri acara Dialog Terbuka Universitas Muhammadiyah Surakarta di Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (22/11). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau disingkat AMIN menghadiri acara 'Dialog Terbuka Universitas Muhammadiyah Surakarta' di Surakarta, Jawa Tengah, Rabu, 22 November 2023. Anies menyampaikan bahwa Republik Indonesia didirikan berdasarkan gagasan yang dirangkum dalam sebuah kesepakatan, yakni Pembukaan UUD 1945. 

"Negeri ini dibangun bukan kebetulan, tapi gagasan. Tokoh-tokoh pendiri republik ini memiliki akumulasi pengalaman perjuangan, memiliki wawasan yang amat luas, pengetahuan keilmuan yang mendalam dan ketika mereka diminta untuk menghasilkan saripatinya maka muncul sebuah kesepakatan yang disebut sebagai pembukaan UUD 1945, yang seluruh bagian dari pembukaan itu menjadi dokumen pemikiran politik dengan fondasi intelektual solid yang bila disandingkan dengan keputusan-keputusan negara lain, kita bisa mengatakan ini lah fondasi terbaik di banyak tempat. Itu lah artian yang sesungguhnya," kata Anies dalam pidatonya.

Keadilan sosial, papar Anies, merupakan tujuan didirikannya negara Indonesia. Karena, prinsip pendiri bangsa bahwa kolonialisme bertentangan dengan keadilan. 

"Mengapa republik ini didirikan? Karena kolonialisme bertentangan dengan prinsip keadilan. Jadi republik ini didirikan dengan sebuah tujuan yaitu kalimat terakhir di pembukaan UUD 1945 - keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Itu lah intisari mengapa kita merdeka dan bukan sekedar menggulung kolonialisme, tapi menggelar keadilan sosial dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia," terangnya. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan, keadilan sosial menjadi prinsip pasangan AMIN ke depan di mana bukan sekedar perubahan tapi menerapkan prinsip keadilan di setiap kebijakan. 

"Itu juga yang menjadi prinsip kami (Anies-Muhaimin) berangkat dengan sebuah niat dan tujuan bahwa ikhtiar kita untuk melakukan perubahan bukan sekedar mengubah, tapi kami ingin Indonesia yang lebih adil, Indonesia yang lebih setara, Indonesia yang memberikan kesempatan yang setara bagi semua. Prinsip keadilan adalah prinsip utama yang kami hendak bawa. Ini yang nanti akan diterjemahkan dalam berbagai kebijakan," ungkapnya.

Tags : AMIN , Anies , Surakarta , Keadilan , Dialog