Gus Imin: Agama Berperan Penting Atasi Penyakit Gangguan Mental

| Rabu, 22/11/2023 18:20 WIB
Gus Imin: Agama Berperan Penting Atasi Penyakit Gangguan Mental Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menghadiri acara Dialog Terbuka Universitas Muhammadiyah Surakarta, di Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (22/11). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menghadiri acara 'Dialog Terbuka Universitas Muhammadiyah Surakarta' di Surakarta, Jawa Tengah, Rabu, 22 November 2023. 

Dalam kesempatan itu, Cawapres Gus Imin mengungkapkan bahwa Pemerintah harus mampu memberikan solusi atas persoalan bangsa hari ini. 

Menurutnya, selain masalah penyakit flu, maag dan sakit kepala, yang merebak di kalangan masyarakat adalah penyakit ganguan mental. Hal ini diakibatkan adanya tekanan ekonomi, budaya hingga suasana sosial yang tidak diantisipasi dengan cepat.

“Hari ini masalah pokoknya sangat nyata di depan kita, problem baru muncul di tengah masyarakat. selain penyakit maag, flu, sakit kepala ada yang namanya gangguan mental merata di seluruh bangsa kita, ini akibat tekanan ekonomi, suasana sosial, budaya yang terus mengalami perubahan cepat tanpa diantisipasi dengan baik,” kata Gus Imin. 

Untuk itu, kata Gus Imin, agama harus tumbuh agar seluruh gangguan mental bisa diatasi dengan cepat. Peran para kiai, ulama dan tokoh masyarakat sangat membantu penyakit mental ini.

“Agama harus ditumbuh-kembangkan agar seluruh problem gangguan mental yang menjadi penyakit baru bangsa ini bisa kita atasi dengan secepat-cepatnya oleh tokoh agama, pimpinan agama, ulama, kiai, dan seluruh gerakan agama di tanah air kita,” tambah Gus Imin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyakini bahwa visi misi AMIN dalam pemilu 2024 ini ingin mewujudkan Indonesia yang makmur, sejahtera dan adil. 

Menurutnya, peran agama sangat besar untuk mewujudkan Indonesia yang Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghofur

“Dengan visi itu, saya yakin dan optimis insya Allah apa yang disebut Izzul Islam Wal Muslimin Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghofur bukan sekedar slogan tetapi betul-betul agama menjadi berperan secara langsung, secara transformatif, maupun pembentukan mental dan karakter bangsa,” tukasnya.

Tags : Gus Imin , Dialog , UMS , Agama , Indonesia