Gus Halim: Pembangunan Desa Membutuhkan Kolaborasi Data dari BRIN

| Selasa, 05/12/2023 23:17 WIB
Gus Halim: Pembangunan Desa Membutuhkan Kolaborasi Data dari BRIN Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar saat menerima peneliti dari BRIN(foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi(Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyatakan dalam pembangunan desa sangat membutuhkan kolaborasi data dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

"Dalam membangun desa, kita butuh kolaborasi,” kata Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar saat menerima kunjungan peneliti Ahli Utama BRIN, Siti Zuhro bersama peneliti BRIN lainnya di Kantor Kemendes PDTT, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Senin, 4 Desember 2023.

Gus Halim-sapaan akrabnya, mendukung kolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka percepatan pembangunan desa. Salah satunya dengan BRIN yang telah memberikan salah satu kontribusi yang bermakna.

“Karena tidak mungkin Kemendes PDTT menangani sendiri 75 ribu lebih yang butuh sentuhan. Makanya, kita punya Perguruan Tinggi untuk Desa (Pertides) dan dan menjalin kerjasama dengan kementerian dan lembaga dengan programnya masing-masing," imbuhnya.

Lebih lanjut, Gus Halim menyampaikan bahwa Kemendes PDTT telah merancang pembangunan berbasis masalah desa karena melihat pembangunan di desa itu berbasis keinginan.

"Makanya, kita munculkan gagasan SDGs desa itu supaya mendetilkan masalah di desa itu ada landing-nya. Kita kuatkan data dan membuat perencanaan pembangunan di desa itu berbasis data," tukasnya.

Tags : Gus Halim , Kemendesa PDTT