Real Madrid Klub Paling Bernilai di Dunia Versi Forbes

| Rabu, 24/07/2019 21:40 WIB
Real Madrid Klub Paling Bernilai di Dunia Versi Forbes Real Madrid versus Barcelona. (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Real Madrid menempati urutan pertama dalam daftar klub sepak bola paling bernilai di dunia versi majalah bisnis Amerika Serikat, Forbes. Klub Spanyol itu mengalahkan rival senegaranya, Barcelona.

Los Blancos menjadi klub paling bernilai karena memiliki aset sebesar 4,24 USD (Rp59,3 triliun). Sementara, Barcelona hanya memiliki total kekayaan senilai 4,02 USD (Rp56,2 triliun).

"Forbes menyoroti kunci kepemimpinan Real Madrid yaitu kekuatan bisnis komersial dan sponsorship, kenaikan penghasilan hak siar, pemasukan sebesar 100 juta USD yang diperoleh lewat perebutan tiga gelar Liga Champions berturut-turut serta kesepakatan sponsor dengan Adidas," tulis laman resmi klub, seperti dikutip dari bola.com, Rabu, 24 Juli 2019.

Baca Juga: Terkuak, Eden Hazard Gunakan Nomor Peninggalan Cristiano Ronaldo di Madrid

Selain unggul soal bisnis, El real juga unggul dari segi prestasi ketimbang Barcelona. Klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu itu memiliki catatan 33 gelar La Liga yang terakhir mereka raih pada musim 2016-2017.

Sementara, Barcelona hanya mengangkat 26 trofi La Liga. El Barca pertama kali menyabet gelar tersebut pada 1929 dan terakhir diraih pada pada musim 2018-2019.

Di posisi ketiga dibawah Madrid dan Barcelona ada klub Premier League Manchester United dengan total kekayaan sebesar 3,8 USD (Rp53,1 triliun). 

Tags : Real Madrid , Barcelona , Forbes