10 Manfaat Goji Berry Bagi Kesehatan

| Rabu, 04/04/2018 10:02 WIB
10 Manfaat Goji Berry Bagi Kesehatan Goji Berry.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sebelum membahas tentang manfaat goji berry, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu apa itu goji berry. Goji berry adalah jenis buah yang masuk dalam kategori Solanaceae, yang tumbuh di daerah yang lebih hangat. Goji berry dapat ditemukan di Cina, Australia, Amerika Utara, cekungan Mediterania, Asia Tengah, dan Asia Barat Daya.

Selain itu Goji berry adalah endemic asli yang tumbuh di dataran Cina, yang selama ribuan tahun dipakai sebagai salah satu ramuan pengobatan tradisional di Cina.

Pohon goji berry dapat tumbuh mencapai 3 meter, dengan buah berbentuk lonjung berukuran 2cm. Buah goji berry berwarna merah dan oranye, dengan rasanya yang khas pahit dan sedikit manis.

Berikut ini adalah 10 manfaat buah goji berry bagi kesehatan:

1. Mengontrol diabetes

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit dengan angka kematian tertinggi bagi penderitanya. Maka, Mengontrol atau mencegah diabetes mutlak diperlukan. Di sisi lain diabetes dapat meemicu perkembangan beberapa penyakit lain seperti penyakit jantung, penyakit kardiovaskular, stroke, dan penyakit mata.

Salah satu manfaat goji berry adalah dapat membantu mengendalikan diabetes. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ekstrak buah goji berry memiliki sifat hipoglikemik yang cukup untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh.


2. Mengontrol kolesterol

Manfaat goji berry yang kedua adalah dapat mengurangi kadar kolesterol. Kolesterol terdiri dari dari dua jenis, yaitu HDL yang merupakan kolesterol baik dan LDL yang merupakan kolesterol jahat. Bentuk kolesterol seperti plak di dalam pembuluh darah dan arteri yang menghalangi aliran darah. Studi menunjukkan bahwa asupan buah goji berry dapat mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL.

3. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Manfaat goji berry yang ketiga adalah, dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Studi penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi goji berry dapat membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dikarenakan kandungan antioksidan yang berlimpah. Tidak hanya itu, antioksidan hadir dalam goji berry juga dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Anti kanker

Manfaat goji berry yang keempat mengandung zat anti kanker. Antioksidan, karotenoid seperti zeaxanthin dan vitamin C yang ada dalam goji berry dapat memerangi sel-sel kanker, melawan pertumbuhan tumor, menurunkan kadar inflamasi sitokin dan detoksifikasi tubuh dari racun berbahaya. Disamping itu, goji berry juga memiliki sifat anti-penuaan dan menunjukkan aktivitas anti-tumor terhadap berbagai jenis sel kanker kulit dengan menghambat pertumbuhan tumor dan merangsang apoptosis (kematian sel secara mendadak).

5. Melindungi sel otak dari kerusakan

Manfaat goji berry kelima adalah dapat melindungi sel otak dari kerusakan. Radikal bebas dapat menyerang tubuh kita dari dalam. Selain itu juga dapat menyerang neuron atau sel otak. Sel-sel otak yang rusak dapat mengembangkan penyakit neurodegeneratif. Penyakit-penyakit neurodegeneratif secara efektif dapat dilawan dengan mengkonsumsi goji berry. Ekstrak goji berry telah menunjukkan aktivitas saraf yang signifikan yang berguna bagi kesehatan otak.

6. Merawat kesehatan hati

Manfaat goji berry keenam adalah merawat kesehatan hati. Hati adalah salah satu organ yang paling tangguh dalam tubuh kita dan dapat melindungi diri dari kerusakan kimia, radikal bebas, dan fisik. Namun, siklus kerusakan dan regenerasi dapat mengakibatkan kerusakan hati. Goji berry kaya akan antioksidan yang akan menjadi pelindung bagi hati dari serangan radikal bebas.

7. Merawat kesehatan kulit

Manfaat goji berry ketujuh adalah sebagai perlindungan kulit. Radiasi ultraviolet merupakan salah satu ancaman yang kita hadapi karena penipisan lapisan ozon di beberapa bagian dunia. Eksposur kulit terhadap radiasi UV dapat menyebabkan kerusakan kulit dan kanker kulit dalam kasus yang ekstrim. Kita bisa mengurangi risiko ini dengan mengkonsumsi goji berry. Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam goji berry signifikan untuk mengurangi peradangan kulit dan masalah kulit lainnya.

8. Meningkatkan energi dan mengatur suasana hati

Manfaat goji berry kedelapan adalah sebagai penigkat energi dan mengatur mood. Sebuah studi menyebutkan bahwa minum jus goji berry secara teratur dapat membantu meningkatkan energi, suasana hati dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

9. Melindungi kesehatan mata

Manfaat goji berry kesembilan adalah memiliki kemampuan untuk melindungi mata dari penyakit yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula. Selain itu, karena tingginya tingkat antioksidan (terutama zeaxanthin), dapat membantu menghentikan kerusakan dari paparan sinar UV, radikal bebas dan bentuk lain dari stres oksidatif.

10. Meningkatkan kesehatan tubuh secara umum

Manfaat goji berry yang terakhir adalah dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara umum. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi goji berry secara berkala dapat meningkatkan dan memperbaiki fungsi pencernaan serta mengurangi stres dan kelelahan. Hal ini juga dapat meningkatkan kinerja psikologis badan. (GK/Fiberherbal.com)

Tags : Goji Berry

Foto Terkait