Temui Jokowi, Dirut PLN Bahas Progres Listrik Desa

| Rabu, 25/10/2017 17:54 WIB
Temui Jokowi, Dirut PLN Bahas Progres Listrik Desa Direktur Utama (Dirut) PT PLN, Sofyan Basir.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Utama (Dirut) PT PLN (Persero), Sofyan Basir menemui Presiden Joko Widodo di Istana negara, Rabu, 25 Oktober 2017 siang. Pertemuan tersebut membahas progres pengaliran listrik ke desa-desa yang telah berjalan melalui Program Listrik Desa.

"Saya bicarakan progres soal (proyek listrik) 35.000 megawatt sudah berjalan, kemudian listrik desa sudah jalan, sudah hampir 4000 (desa) lebih," kata Sofyan setelah menemui Presiden di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (25/10).

Pada Senin lalu (23/10), ujar Sofyan, PT PLN juga telah memenuhi suplai listrik sebanyak 100 desa di pedalaman Provinsi Papua. Dia menuturkan masih terdapat sekitar 1.200 desa lagi yang harus dialiri listrik PLN.

"Berlokasi di Maluku, Papua dan NTT, yang terbesar itu ya. Karena kan terpisah-pisah ya, jadi memang agak lama prosesnya," jelasnya seperti dikutip antaranews.com.

Sekedar informasi, pada pertengahan Oktober 2017, PLN telah meresmikan listrik desa di enam desa pada Kecamatan Gunung Timang, Provinsi Kalimantan Tengah yang dipusatkan di Desa Ketapang dalam rangka peringatan Hari Listrik Nasional yang puncaknya diperingati pada 27 Oktober 2017. Listrik di enam desa itu adalah Desa Kandui, Desa Baliti, Walur, Ketapang, Rarawan dan Malungai dengan sasaran listrik 650 kepala keluarga.

PT PLN (Persero) menargetkan ada 11.300 desa yang teraliri listrik hingga 2019 untuk memenuhi rasio elektrifikasi nasional yang saat ini baru mencapai 91 persen.

Tags : PLN , Listrik Desa