Kementan Bagi-Bagi Ayam Kampung Tingkatkan Kesejahteraan Petani

| Jum'at, 18/05/2018 22:16 WIB
Kementan Bagi-Bagi Ayam Kampung Tingkatkan Kesejahteraan Petani Amran Sulaiman (Menteri Pertanian RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pertanian mencanangkan program bagi-bagi ayam kampung kepada petani guna meningkatkan kesejahteraan mereka. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 10 juta ayam kampung akan dibagikan secara bertahap pada petani dengan anggaran mencapai Rp2 triliun.

“Untuk sektor pertanian, pendekatan yang kami lakukan sekarang adalah untuk kesejahteraan,” ujarnya di Toko Tani Indonesia (TTI) Center, Jakarta, Jumat, 18 Mei 2018.

Menteri Amran menjelaskan, setiap rumah tangga akan mendapatkan 50 ekor ayam. Selanjutnya, Kementerian Pertanian akan mengawal perkembangan dari program bagi ayam kampung ini.

“Kita kawal sampai bertelur, nanti bisa bertelur setiap hari selama dua hingga tiga tahun. Jadi bisa menghasilkan kira-kira Rp2,2 juta hingga Rp2,5 juta per bulan,” kata Mentan seperti dikutip dari laman okezone.com.

Dengan program tersebut, Amran mengharapkan petani yang masih berada di bawah garis kemiskinan dapat naik derajat selama enam bulan atau selambat-lambatnya satu tahun sejak eksekusi program.

“Proteinnya meningkat, pendapatannya meningkat, stunting bisa dikurangi, gizi buruk bisa dikurangi,” ujar dia.

Diketahui, program bagi-bagi ayam kampung ini sudah mulai dijalankan beberapa waktu lalu. Pada April lalu, Menteri Amran melakukan kunjungan kerja ke desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur Jawa Barat dan membagikan bantuan ternak dan tanaman kepada 60 Kepala Keluarga (KK) di Desa Cikancana.

Tags : Kementerian Pertanian RI , Program Bagi Ayam Kampung

Berita Terkait