4,5 Tahun Jokowi Memimpin, Hanif Dhakiri: Kemiskinan, Ketimpangan dan Pengangguran Menurun

| Jum'at, 22/02/2019 18:29 WIB
4,5 Tahun Jokowi Memimpin, Hanif Dhakiri: Kemiskinan, Ketimpangan dan Pengangguran Menurun Muhamad Hanif Dhakiri (Menteri Ketenagakerjaan RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M Hanif Dhakiri mengungkapkan, selama Presiden Joko Widodo memimpin Indonesia, kemiskinan, ketimpangan dan pengangguran mengalami penurunan yang cukup signifikan.

“Tantangan Indonesia kedepan adalah kemiskinan, ketimpangan sosial dan pengangguran. Alhamdulilah 4.5 tahun kepemimpinan Presiden Jokowi tangtangan ketiga tersebut menurun,” kata Menaker Hanif Dhakiri di Jakarta, Rabu 20 Februari 2019.

Menurut Hanif, penurunan kemiskinan masa pemerintahan Presiden Jokowi merupakan angka terendah dalam sejarah penurunan kemiskinan di Indonesia. “Kemiskinan turun di bawah 1 digit yaitu 9,8 persen. Ini adalah angka kemiskinan terendah sepanjang sejarah kemiskinan di Indonesia,” tambahnya.

Bahkan ketimpangan sosial juga menurun, tolak ukurnya Adalah Gini Rasio. “Saat ini gini rasio indonesia turun 0,41 ke 0,38 yang berarti ketimpangan sosial menurun signifikan,” jelasnya.

“Angka pengangguran juga mengalami penurunan. Dalam 4 tahun terakhir dari 6,18 persen 5,3 persen. Ini adalah angka pengangguran terendah sejak Indonesia sejak era reformasi,” tukasnya.

Pertumbuhan ekonomi dunia saat, lanjutnya, rata-rata 3 persen tapi ekonomi kita tumbuh diatas 5 persen.  Dan pada tahun 2018 tumbuh menjadi 5,17 persen.

Tags : Menaker Hanif Dhakiri , Industri 40 ,

Berita Terkait