Pengusaha dan Investor Makin Mudah Berbisnis di Indonesia

| Sabtu, 12/10/2019 08:18 WIB
Pengusaha dan Investor Makin Mudah Berbisnis di Indonesia Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (foto: gurupendidikancoid)

RADARBANGSA.COM - Kondisi perekonomian Indonesia yang stabil, serta iklim usaha yang kondusif perlu dimanfaatkan secara maksimal oleh pengusaha-pengusaha Prancis. Dalam tiga tahun terakhir, perdagangan Prancis-Indonesia terus meningkat, hingga mencapai 2,8 miliar USD.

Investasi Prancis ke Indonesia sendiri mencapai sekitar 1 miliar USD di 1874 proyek. Potensi di berbagai sektor masih terus terbuka, oleh karenanya ini adalah saat tepat bagi pengusaha Prancis untuk datang berbisnis di Indonesia. Hal inilah yang ditekankan Dubes Arrmanatha Nasir dalam forum bisnis “Doing Business in Indonesia" yang berlangsung pada Senin 7 Oktober 2019 di Hotel Renaissance Trocadero, Paris.

Sejumlah pengusaha Indonesia dari KADIN secara khusus hadir dan melakukan pendekatan intensif ke pasar Prancis. Sektor usaha yang kali ini menjadi fokus adalah produk makanan dan minuman, produk pertanian, fashion, serta ekspor-impor.

Dalam sesi one-on-one, setiap pengusaha memanfaatkan waktu untuk menindaklanjuti peluang bisnis dengan pengusaha Prancis yang hadir. Forum “Doing Business in Indonesia" ini mendapatkan sambutan hangat dari sekitar 40 pengusaha kedua negara yang hadir, termasuk sejumlah perusahaan multi-nasional Prancis seperti Michelin dan Air Liquide.

"Prancis merupakan mitra dagang yang penting, karena perdagangan dan investasinya berpotensi cukup besar," demikian Irwan Habsjah, Ketua KADIN Komite Belgia, Belanda, dan Luksemburg, dalam presentasinya.

Sementara itu, perkembangan ekonomi makro, investasi, dan sejumlah reformasi kebijakan domestik Indonesia turut mendukung upaya penciptaan iklim usaha yang lebih sehat. Selain itu, dibentuk pula kantong-kantong pusat pertumbuhan, digitalisasi perijinan investasi, serta penambahan sektor investasi yang terbuka bagi pengusaha asing.

Sementara terkait pariwisata, Indonesia memperluas pemanfaatan teknologi digital untuk mendorong promosi daerah-daerah tujuan wisata. Kunci-kunci inilah yang disampaikan oleh para pembicara dari KADIN, seperti Ibu Nora Guitet dan Bapak Riza Maspaitella.

Tags : Investasi , Ekonomi , Pengusaha