Kementan Targetkan Ekspor dan Produksi Pertanian Meningkat

| Kamis, 19/12/2019 13:01 WIB
Kementan Targetkan Ekspor dan Produksi Pertanian Meningkat Lahan pertanian tembakau di Temanggung, Jawa Tengah

JAKARTA, RADABANGSA.COM - Menteri Pertanian, Syahrul Limpo menargetkan ekspor pertanian bisa meningkat hingga tiga kali lipat, selain itu kementan juga akan mendorong peningkatan produksi pertanian, minimal sebesar 7 persen per tahun.

“Jika ingin ekspor, maka kita harus berkompetisi dengan harga yang bersaing, kualitas yang terjaga, dan diplomasi pertanian. Kemampuan berkompetisi harus didukung dengan varietas-varietas yang mampu menghasilkan kuantitas besar dan memiliki daya tahan yang tinggi,” ucap Syahrul di Auditorium Kementan.

Menurut Syahrul, komponen penting dalam meningkatkan ekspor pertanian adalah melalui penggunaan benih unggul atau varietas unggul baru, ini dapat memacu peningkatan produksi sampai 15 persen,” ujar Syahrul saat siaran pers di Auditorium Kementan, Rabu 18 Desember.

Penggunaan benih unggul atau varietas unggul baru ini merupakan hasil dari inovasi di bidang pertanian. Dirinya kemudian mengapresiasi para peneliti dan pemulia yang telah menghasilkan varietas unggul. Apalagi kegiatan pemuliaan membutuhkan waktu lama dan biaya besar. 

Untuk mencapai target peningkatan dan ekspor pertanian, Syahrul meminta para pemulia tanaman, baik dari internal Kementerian Pertanian ataupun perguruan tinggi dan swasta berkomitmen dengan terus berinovasi melahirkan varietas-varietas unggul sehingga produktivitas pertanian bisa meningkat

Tags : Syahrul Limpo , KEMENTAN , Pertanian

Berita Terkait