Defisit Neraca Perdagangan Desember Menurun Signifikan

| Kamis, 16/01/2020 15:22 WIB
Defisit Neraca Perdagangan Desember Menurun Signifikan Defisit Perdagangan Menurun (Foto: Suarameredeka.com)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia mencatat neraca perdagangan Indonesia pada Desember 2019 mengalami defisit sebesar 0,03 miliar dolar AS. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, presentase defisit ini menurun signifikan dari 1,39 miliar dolar AS pada Bulan November.

Departemen Komunikasi Bank Indonesia mengatakan penurunan defisit ini dipengaruhi oleh surplus neraca perdagangan nonmigas akibat menurunnya impor nonmigas. Selain itu juga karena kinerja ekspor nonmigas yang kian membaik.

Kondisi kinerja impor Indonesia juga menurun didukung oleh kebijakan substitusi impor di tengah kinerja ekspor yang belum kuat seiring dengan perlambatan ekonomi global dan turunnya harga komoditas.

“Dengan adanya perkembangan tersebut, neraca perdagangan Indonesia di tahun 2019 hanya mencatat sebesar 3,20 miliar dolar AS, mengalami penurunan yang signifikan dibanding tahun sebelumnya sebesar 8,70 miliar dolar AS,” Ujar Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia dalam pernyataan tertulisnya, Rabu 15 Januari 2019.

Perkembangan neraca perdagangan nonmigas pada Desember 2019 juga tercatat mengalami surplus 0,94 miliar dolar AS, setelah pada bulan sebelumnya mengalami defisit 0,30 miliar dolar AS.

Secara kumulatif, neraca perdagangan nonmigas sepanjang tahun 2019 mencatat surplus 6,15 miliar dolar AS, lebih tinggi dibandingkan dengan surplus pada periode sebelumnya sebesar 4,00 miliar dolar AS.

Neraca perdagangan migas sepanjang tahun 2019 belum mencatatkan surplus, namun pemerintah mencatat defisit di tahun 2019 lebih rendah yaitu sebesar 9,35 miliar dolar AS dibandingkan dengan defisit pada tahun sebelumnya yang mencapai 12,70 miliar dolar AS.

Pemerintah menilai penurunan defisit Desember ini dapat memperkuat ketahanan eksternal perekonomian Indonesia. Ke depan, pemerintah akan saling memperkuat sinergi kebijakan dan otoritas terkait untuk meningkatkan ketahanan eksternal, termasuk prospek kinerja neraca perdagangan.

Tags : Defisit , Desember , 2019