Komisi VI DPR Ingin BUMN Jadi Penggerak Utama Perekonomian Nasional

| Kamis, 23/01/2020 20:55 WIB
Komisi VI DPR Ingin BUMN Jadi Penggerak Utama Perekonomian Nasional Hendrik Lewerissa (Anggota Komisi VI DPR RI). (Foto: dprgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VI DPR RI Hendrik Lewerissa menegaskan perusahaan-perusahaan yang tergabung Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus menjadi penggerak roda ekonomi nasional secara menyeluruh. Untuk itu dibutuhkan bantuan dari segala sektor mulai dari masyarakat hingga Pemerintah agar perusahaan pelat merah tersebut kembali berjaya.

“Kita sepakat BUMN harus menjadi penggerak roda ekonomi bangsa. Tetapi seperti yang diketahui, banyak perusahaan tersebut yang sedang merugi,” kata Hendrik saat mengikuti RDPU dengan pakar-pakar dari Universitas Tarumanegara dan Universitas Gadjah Mada dalam rangka meminta masukan mengenai isu-isu pertambangan nasional, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis, 23 Januari 2020.

Politisi PDI-Perjuangan itu menilai, perusahaaan swasta sudah sangat menguasai berbagai sektor usaha, khususnya sektor pertambangan. Hal ini berbanding terbalik dengan perusahaan BUMN yang seharusnya menjadi pemimpin dan pengarah terhadap perusahaan-perusahaan tersebut.

“Swasta justru lebih tangguh dibandingkan BUMN. Ini kan lucu. Jadi ini semua tergantung Pemerintah, tetapi BUMN diberikan tugas tetap kalah juga. Bukannya menjadi gerbong terdepan untuk mengarahkan perusahaan luar itu, malah BUMN menjadi yang harus didorong,” ujar legislator dapil Maluku itu.

Tags : DPR RI , BUMN , Ekonomi Nasional