Anggaran Menhan Capai 127 Triliun, Jokowi: Hati - Hati

| Jum'at, 24/01/2020 10:28 WIB
Anggaran Menhan Capai 127 Triliun, Jokowi: Hati - Hati Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto (Foto: industrycoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tahun 2020 Menteri Pertahanan mendapatkan jatah anggaran sebesar 127 Triliun. Jatah ini merupakan yang terbesar jika dibandingkan dengn kementerian lain seperti Kementerian PUPR yang mendapat Rp 120,2 triliun dan Kepolisian Republik Indonesia yang dijatah Rp 90,3 triliun.

Alokasi anggaran untuk Menhan memang selalu menjadi alokasi anggaran terbesar sejak tahun 2016. Dengan besarnya anggaran yang diperoleh ini, Jokowi mengingatkan Menhan untuk berhati hati dalam menggunakan anggaran.

“Persoalan pertahanan jangan sampai ada mark-up. Semua proses harus berjalan dengan bersih,” Kata Jokowi di Kantor Kementerian Pertahanan, Kamis 23 Januari 2020.

Kendati demikian, Jokowi juga percaya Prabowo mampu memanfaatkan anggaran dengan baik.

"Saya yakin Pak Menhan ini kalau urusan anggaran detil, berkali-kali dengan saya hampir hapal di luar kepala. Ini pak di sini pak, aman urusan Rp 127 triliun ini. Harus efisien, bersih, tak boleh ada mark up-mark up lagi" ungkap Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyinggung terkait alat utama sistem persenjataan (Atlusista). Saat ini Pemerintah sedang menjajaki kerja sama dengan negara lain dalam pengadaan alutsista.

“Beberapa sudah dijajaki, baik dengan Prancis, Korea Selatan, maupun negara-negara di Eropa Timur. Ini akan segera diputuskan. Nah, minggu depan akan dibicarakan dalam rapat terbatas, di Surabaya” ungkap Jokowi

Beberapa negara dikabarkan tertarik untuk melakukan transaksi pembelian atlusista, diantara lain Ghana dan Filipina. Filipina dikabarkan sempat memesan dan sudah menerima dua kapal Strategic Sealift Vessel (SSV) yang dipesan dari PT PAL.

Jokowi mengatakan pihaknya akan berdiskusi dengan Menhan untuk menentukan kebijakan yang tepat dalam mengatur perbelanjan, dan yang terpenting adalah bagaimana dapat mendorong pertumbuhan Industri Pertahanan itu sendiri.

Tags : Menhan , Jokowi , 127 Triliun