Lagi, Industri Manufaktur RI Tembus Ekspor Pasar AS!

| Kamis, 27/02/2020 09:08 WIB
Lagi, Industri Manufaktur RI Tembus Ekspor Pasar AS! Proyek pengiriman pipa fiberglass PT Future Pipe Industries mencapai USD20 juta (Foto: Merdeka.com)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Salah satu perusahaan yang bergerak di sektor Industri Manufaktur, PT. Future Pipe Industries dikabarkan berhasil memperluas pangsa ekspornya ke negeri Paman Sam.

Pihaknya mengekspor produk pipa ke AS untuk proyek pembangunan infrastruktur sistem pembuangan yang menghubungkan beberapa kota di area qond, dan San Carlos.

Chief Commercial Officer Future Pipe Industries, Imad Makhzoumi menyampaikan, proyek pengiriman pipa fiberglass senilai USD20 juta tersebut merupakan yang pertama di Indonesia, dengan didukung oleh tim ahli dalam negeri, mulai dari proses desain, perencanaan, hingga produksi akhir.

“Kegiatan ekspor ke Amerika Serikat akan terus berlanjut ke depan, mengingat kebutuhan akan produk yang sustained seperti pipa fiberglass akan terus meningkat dalam 10-20 tahun ke depan,” ujarnya.

Imad memaparkan bahwa jenis pipa yang diekspor merupakan pimpa komposit serat kaca (fiberglass) berdiameter 3,4 meter dengan panjang total 5,3 kilometer.

Menurutnya, produk pipa komposit sangat efisien karena sifatnya yang kuat, anti korosi sehingga tidak meninggalkan jejak lingkungan, serta tidak membutuhkan biaya perawatan yang tinggi.

Imad menuturkan untuk mengembangkan industri ini, pihaknya tetap membutuhkan dukungan pemerintah.

“Dukungan pemerintah bagi sektor industri memang sangat diperlukan, misalnya untuk industri composite pipe ini yang berpeluang dikembangkan untuk masa depan,” paparnya.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita turut mengapresiasi kinerja PT Futures Pipe Industri atas keberhasilannya memperluas pasar ekspornya hingga ke Negeri Paman Sam.

“Mendatang, industri harus berkontribusi terhadap circular economy, karena pada saatnya nanti semua waste dari proses industri bisa diolah dan digunakan kembali sebagai bahan baku. Ini adalah kontribusi dari sektor industri manufaktur,” jelas Menperin.

Momentum ekspor ini menurutnya juga menunjukkan bahwa produk industri di Indonesia dapat kompetitif di pasar internasional dengan memiliki standar yang tinggi.

 

Sebelumnya, PT. Future Pipe Industries telah melakukan ekspor pipa fiberglass ke sejumlah negara, seperti Singapura, China, Malaysia, dan Abu Dhabi.

Tags : Manufaktur , Industri , Ekspor , AS