Jelang Idul Adha Pengiriman Sapi Antar Wilayah Meningkat Tajam

| Rabu, 01/07/2020 12:31 WIB
Jelang Idul Adha Pengiriman Sapi Antar Wilayah Meningkat Tajam Pengiriman Hewan Jelang Idul Adha (Doc: Barantan)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menjelang hari raya Iduladha, lalu lintas pemasukan sapi menuju Batam meningkat tajam. Badan Karantina Pertanian Batam mencatat, selama bulan Juni 2020 terjadi pemasukan hewan ternak melalui Pelabuhan Telaga Punggur yaitu kambing potong berjumlah 4.135 ekor dan sapi potong 991 ekor.

Beberapa jenis sapi potong ini terdiri dari sapi bali, sapi brahman, sapi peranakan ongole, sapi limousin simental dan sapi brahman cross. Jumlah ini akan terus bertambah menjelang Hari Raya Kurban yang jatuh pada tanggal 31 Juli.

Kepala Karantina Pertanian Batam, Joni Anwar menjelaskan pihaknya bertugas memastikan bahwa setiap hewan yang dilalulintaskan harus bebas dari hama penyakit hewan karantina (HPHK) terutama hewan yang masuk ke Batam dari daerah lain.

"Memastikan hewan yang dilalulintaskan masuk ke Batam sehat dan bebas dari HPHK merupakan tujuan dari Penyelenggaraan Karantina, hal ini guna mencegah tersebarnya HPHK dari suatu area ke area lain di dalam wilayah NKRI," ujar Joni pada Senin 29 Juni 2020.

Joni memaparkan bahwa setiap hewan kurban yang masuk Batam telah dilengkapi dengan Sertifikat Kesehatan Hewan (KH11) yang diterbitkan oleh Karantina Pertanian dari daerah asal sebagai jaminan bebas HPHK.

“Setelah hewan ini diserahkan dan dilaporkan pemasukannya kepada Barantan, maka Sertifikat Pelepasan (KH14) sebagai bukti telah lapor karantina pun diterbitkan,” pungkas Joni.

 

Tags : Sapi , Idul Adha , Pengiriman

Berita Terkait