Legislator PKB Desak Pemerintah Atasi Angka Kemiskinan di Desa

| Kamis, 02/07/2020 17:16 WIB
Legislator PKB Desak Pemerintah Atasi Angka Kemiskinan di Desa Ratna Juwita Sari (Anggota DPR RI dari Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ratna Juwita Sari mengatakan bhawa pemerintah harus fokus dalam upaya menekan angka kemiskinan di Indonesia. Menurutnya, angka penurunan kemiskinan dari BPS sekitar 6,65% harus diteliti lebih lanjut.

"Pasalnya, penurunan angka kemiskinan yang ada di Indonesia itu sekitar 6,56% di akhir tahun 2019. tapi bila diteliti lebih jauh angka kemiskinan di desa masih sangat besar yaitu 12,60%," ujar Ratna dalam rapat Panja Kebijakan Transfer ke Daerah dan Dana Desa saat membahas Pembicaraan pendahuluan penyusunan RAPBN TA.2021 dan Rencana kerja Pemerintah tahun 2021.

Ratna menegaskan, salah satu upaya yang efektif menekan angka kemiskinan adalah melalui pemberdayaan dana desa. "Maka kita patut bersyukur sudah ada UU desa nomor 6 tahun 2014, yang saya yakin bila UU ini sudah di tahun 70-an tentu infrastruktur desa lebih baik dari yang ada hari ini. Sebab dari data statistik BPS, angka kemiskinan dalm 5 tahun ini bisa ditekan karena ada dana desa," paparnya.

Dalam rapat seluruh perwakilan pemerintah tersebut, Legislator dapil Jawa Timur IX (Kabupaten Tuban dan Bojonegoro) itu pun meminta pemerintah untuk memiliki frekuensi yang sama terhadap pengentasan kemiskinan. "Bahwa angka kemiskinan yang masih tinggi itu berada di desa. Maka bila ada penyesuaian anggaran, harus ditingkakan. Jangan sampai diturunkan," tutur Ratna.

Selain itu, Ratna yang juga menambahkan bahwa peningkatan alokasi dana desa di 2021 akan sangat tepat bila dibarengi upaya pemerintah dengan penyempurnaan formula. "Penyempurnaan formula yang saya maksud adalah porsi dan metode perhitungan yang menunjang kinerja perangkat desa, termasuk meningkatkan produktifitas dan mendorong tranformasi agar desa menjadi desa yang produktif baik di bidang pangan, pariwisata, dan lain sebagainya. Dengan demikian, mudah-mudahan peningkatan ini bisa terasa nyata manfaatnya bagi masyarakat seluruh Indonesia," pungkasnya.

Tags : DPR RI , Desa , Angka Kemiskinan , PKB