India Lirik Teknologi Gasifikasi Batubara Temuan RI

| Senin, 07/09/2020 08:54 WIB
India Lirik Teknologi Gasifikasi Batubara Temuan RI Komoditas Batubara (Foto: Porto News)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Teknologi Gasifikasi Batubara Bawah Permukaan atau Underground Coal Gasification (UCG) yang tengah dikembangkan oleh BLU Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara (Puslitbang tekMIRA) Kementerian ESDM mulai dilirik oleh sejumlah pihak. Salah satu yang tertarik adalah Kementerian Batubara (Ministry of Coal) India.

"Peeyush Kumar selaku Direktur Teknologi Kementerian Batubara India meminta Tekmira untuk berkolaborasi dengan melakukan supervisi pengembangan serta ujicoba UCG di dua lokasi di daerah West Bengal dan Rahigajt," demikian dikutip dari akun @blu.tekmira, 6 September 2020.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESSM, Agung Pribadi menyampaikan jika teknologi ini dinilai cocok untuk diterapkan di Indonesia maupun India.

Terlebih, kedua negara tersebut mempunyai kesamaan dalam proporsi cadangan energi fosil yaitu mempunyai cadangan batubara jauh lebih besar dibandingkan cadangan minyak dan gas.

Guna menindaklanjuti kerja sama ini, Pihak tekMIRA akan melakukan evaluasi dan membuat tahapan pengembangan UCG setelah Kementerian Batubara India mengirimkan data-data geologi terkait rencana lokasi UCG.

Untuk metode teknologi UCG sendiri dengan melakukan proses gasifikasi di bawah tanah melalui dua buah sumur bor. Satu sumur berfungsi sebagai media untuk injeksi udara/oksigen dan yang satu lagi berfungsi sebagai sumur produksi.

“Teknologi ini dapat mengurangi permasalahan lingkungan, mengoptimalkan pemanfaatan batubara yang tidak ekonomis dan sangat memungkinkan untuk menutupi kekurangan pasokan energi yang berasal dari minyak dan gas bumi (migas),” ungkap Agung.

Tags : Gasifikasi , Batubara , Teknologi , India

Berita Terkait