Pemprov Jatim Kucurkan Rp23,725 Miliar untuk Pemberdayaan Usaha Perempuan

| Senin, 21/09/2020 11:34 WIB
Pemprov Jatim Kucurkan Rp23,725 Miliar untuk Pemberdayaan Usaha Perempuan Pengusaha UMKM (Doc: Pagar)

BOJONEGORO, RADARBANGSA.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) mengucurkan bantuan modal usaha bagi kelompok perempuan melalui program JATIM PUSPA (Pemberdayaan Usaha perempuan) serta bantuan keuangan khusus BUMDES.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada 8 Desa di Bojonegoro dengan target 536 KPM senilai total Rp 1.524 Milyar dan bantuan BKK BUMDES untuk 6 desa masing- masing senilai 50 juta rupiah.

“Sore ini saya menyerahkan hibah usaha bagi KPM Program Keluarga Harapan (PKH) yang siap mandiri, masing-masing Rp2,5 juta, semoga membantu kemandirian para KPM dan lepas dari PKH” ujar Khofifah usai menyerahkan bantuan.

Khofifah menjelaskan, keberadaan "JATIM PUSPA" ini diharapkan mampu menciptakan perempuan yang bisa berusaha untuk meningkatkan kemandirian dan  kesejahteraan keluarganya. Dengan demikian, perempuan ikut andil dalam pemulihan ekonomi di masa Pandemi Covid 19.

"JATIM PUSPA ini bertujuan untuk mempercepat penurunan kemiskinan perdesaan, dan meningkatkan keberdayaan sosial ekonomi rumah tangga miskin berbasis perempuan  agar dapat keluar dari kemiskinan," urai mantan Mensos RI ini.

Lebih lanjut, Khofifah mengatakan jika program JATIM PUSPA diprioritaskan pada 15 Kabupaten Kantong Kemiskinan sebagaimana rekomendasi Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

“Program JATIM PUSPA memberikan stimulan modal usaha produktif senilai Rp.2,5 juta setiap KPM dan tahun 2020 ini menjangkau 7.981 KPM di 117 Desa pada 15 Kabupaten dengan total anggaran Rp23,726 Miliar,” tandasnya.

 

Tags : Jatim Pemprov , PKH , Pemberdayaan Perempuan

Berita Terkait