Mentan Dorong Kawasan Pertanian Kota di Jakarta

| Senin, 12/10/2020 13:45 WIB
Mentan Dorong Kawasan Pertanian Kota di Jakarta Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Foto: InfoSAWIT)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan jika ia akan mendorong pertanian kota  di tengah derasnya pembangunan kota dan alih fungsi.

"Karena itu, ke depan pilihan komoditinya jangan hanya padi. Akan tetapi petani didorong menanam sayur, jagung dan komoditas yang lain. Nah ini harus ada bibit yang bagus, agar hasilnya juga bisa dirasakan masyarakat," katanya dalam kunjungannya, kemarin 10 Oktober 2020.

Dirinya lantas juga sangat mengapresiasi dengan adanya fakta bertahannya lahan di tengah perkotaan Jakarta. Ia menilai pertanian kota memiliki potensi besar untuk berakselerasi, sebab urban farmin atau pertanian di perkotaan hanya memerlukan sentuhan mekanisasi dengan dukungan benih dan bibit berkualitas, serta asupan pupuk yang cukup.

"Intinya kalau kemaren pertanian hanya ada di desa. Maka sekarang kita perkuat pertanian di kota," katanya.

Mentan mengaku akan membangun koordinasi dengan semua pihak, termasuk dengan pemerintah provinsi. Langkah ini perlu dilakukan untuk menyediakan kebutuhan pangan bagi masyarakat Jakarta.

"Sekarang itu yang harus menyiapkan lahannya adalah Pak Gubernur. Yang menyiapkan petaninya adalah Pak Walikota. Kemudian yang siapkan programnya adalah Kementan. Jadi kita harus duduk bersama-sama," katanya.

Mentan menilai saat ini pertanian perkotaan sangat potensial. Pemanfaatan pekarangan dan sisi bantaran sungai juga dapat dimanfaatkan untuk lahan. Bahkan setiap keluarga pun dapat memenuhi pangan sendiri, dan menghasilkan pendapatan.

"Kementan punya Program Pekarangan Lestari atau P2L, dan ini sangat cocok bagi masyarakat Jakarta. Setidaknya kajian kami bisa menghasilkan 500 ribu per bulan. Ini menjanjikan bagi ekonomi rakyat," tukasnya.

 

Tags : Mentan , Urban Framing , Pertanian Kota