Bukit Asam Cetak Laba Rp 1,7 Triliun di Kuartal III

| Sabtu, 07/11/2020 07:03 WIB
Bukit Asam Cetak Laba Rp 1,7 Triliun di Kuartal III Tambang Batubara (Foto: Porto News)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Perusahaan BUMN Sektor Tambang, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) merilis laporan keuangan hingga September 2020. PTBA mengklaim jika pihaknya mencetak kinerja positif hingga kuartal III 2020.

Sekretaris Perusahaan PTBA Apollonius Andwie, mengatakan Perseroan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 1,7 triliun hingga 30 September 2020. Sementara dari sisi pendapatan, Bukit Asam membukukan sebesar Rp 12,8 triliun.

“Terjaganya kinerja operasional perusahaan hingga kuartal III-2020 tak lain merupakan hasil dari penerapan operational excellence yang berkelanjutan dan perluasan pasar yang menjadi strategi perusahaan dalam menjalankan bisnis di tahun ini,” ungkap Apollonius, Jumat 6 November 2020.

Hal ini patut disyukuri mengingat hingga kuartal III 2020 perseroan sangat terdampak oleh pandemi yang mebuat turunnya konsumsi energi dunia. Begitu juga dengan konsumsi dalam negeri yang menjadi pasar mayoritas Bukit Asam.

“Turunnya konsumsi listrik di wilayah besar Indonesia seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa dan Bali juga berdampak turunnya penyerapan batu bara domestik” imbuhnya.

Selain itu tekanan lain juga berasal dari harga batu bara yang terus merosot selama tiga triwulan.

Ia mencatat dari data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), harga batu bara acuan (HBA) ini merosot sekitar 24% dari US$ 65,93 per ton pada bulan Januari 2020 menjadi US$ 49,92 per ton pada bulan September 2020.

Tags : Bukit asam , laba BUMN , PTBA

Berita Terkait