Pemda Optimis Keseluruhan APBD Terserap di Akhir Tahun

| Kamis, 26/11/2020 13:30 WIB
Pemda Optimis Keseluruhan APBD Terserap di Akhir Tahun Ilustrasi. APBD (Doc: EWN)

RADARBANGSA – Pemerintah Daerah (Pemda) Jawa Timur optimis jika anggaran APBD Jatim akan bisa terserap semua di akhir Desember 2020 ini. Demikian diungkapkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, Kamis 26 November 2020.

Ia mengatakan saat ini serapan di APBD 2020 telah mencapai 60 persen dari total belanja daerah sebesar Rp 34,785 triliun.

“Hampir seluruh OPD saat ini tengah melakukan usaha keras untuk melakukan penyerapan anggaran,” kata Emil.

Ia menyebut pola penyerapan anggaran tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19 memang membutuhkan waktu lebih lama. Semisal melakukan perencanaan dan verifikasi di lapangan. 

"Tapi kami tetap optimistis segala kegiatan bisa dilaksanakan dalam tempo waktuya yang sesingkat-singkatnya dalam tahun anggaran 2020," katanya.

Profil-profil pembayaran itu nanti, lanjut Emil akan banyak terjadi di saat penghujung tahun karena pengerjaan proyek-proyek sudah selesai.

"Estimasi Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) APBD 2020 sudah dimasukkan dalam R-APBD Jatim 2021 yakni kisaran Rp.2 triliun," tandasnya.

Sebaliknya, anggota Komisi C DPRD Jatim, Agung Supriyanto mengaku khawatir penyerapan anggaran tahun 2020 sulit memenuhi target. Pasalnya, banyak kegiatan yang sudah dijadwalkan dilaksanakan pada tahun anggaran 2020 tertunda pelaksanaannya akibat pandemi Covid-19.

Bahkan menurutnya, paska realokasi atau refocusing anggaran untuk percepatan penanganan covid-19, praktis OPD-OPD di lingkungan Pemprov Jatim minim sekali yang melakukan pengerjaan proyek karena anggarannya sudah dialihkan untuk pandemi Covid-19.

Kami berharap penyerapan anggaran yang rendah ini jangan sampai berdampak pada penilaian LHP BPK menjadi Wajar Dengar Pengecualian (WDP) atau bahkan Disclamer," pungkasnya.

 

Tags : Pemda , Emil Dardak , APBD

Berita Terkait