Indonesia Jadi Pemasok Sarang Burung Wallet Terbesar di Dunia

| Kamis, 21/01/2021 21:11 WIB
Indonesia Jadi Pemasok Sarang Burung Wallet Terbesar di Dunia Sarang Burung Walet (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah mengklaim jika Indonesia merupakan negara pemasok sarang burung walet (SBW) terbesar di dunia.

Direktur Jenderal (Dirjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Nasrullah menyampaikan jika tren ekspor Sarang Burung Walet telah menjadi andalan sejak tahun 2015.   

"SBW memang banyak diminati di mancanegara, dan Indonesia merupakan salah satu pemasok terbesarnya. Sehingga kami dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) terus melakukan pembinaan ke para peternak Sarang Burung Walet (SBW),” demikian ungkap Nasrullah, Kamis  21 Januari 2021.

Nasrullah mengungkapkan volume dan nilai ekspor SBW juga sepanjang tahun 2020 mengalami peningkatan setiap bulannya. Capaian tertinggi pada bulan Desember 2020 dengan volume mencapai 148.321 kg dan nilai ekspor menyentuh 75.705 USD.   

Ia lantas menjelaskan, proses produksi SBW sejatinya tidak bisa dilakukan oleh semua negara. Maka dari itu, Indonesia menjadi salah satu primadona SBW.   

Contohnya, rumah walet yang sangat bergantung kepada alam dan lingkungan seperti potensi pakan di alam (keseimbangan ekosistem), Pengkondisian lingkungan di rumah walet harus dibuat sedemikian rupa mendekati habitat aslinya sehingga burung walet mau bersarang.   

Selain itu, pola panen SBW oleh peternak walet juga sangat mempengaruhi keseinambungan populasi dan produksi SBW. Lalu, proses untuk memperoleh sarang burung walet dari panen sampai siap konsumsi juga membutuhkan proses yang tak kalah jauh rumitnya.

 

Tags : ekspor sarang burung walet

Berita Terkait