Dorong Ekspor, Kementan Inisiasi Program 1000 Kampung Holtikultura

| Jum'at, 22/01/2021 13:08 WIB
Dorong Ekspor, Kementan Inisiasi Program 1000 Kampung Holtikultura Petani Jagung siap panen (doc. istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah berencana memgembangkan program 1000 Kampung Holtikultura untuk meningkatkan ekspor buah-buahan dalam negeri.

Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto mengungkapkan program 1000 kampung ini tidak hanya bertujuan untuk menggenjot produksi tetapi juga termasuk menggerakkan perekonomian desa dan membuka lapangan kerja produktif.

“Kami punya program untuk pengembangan 1000 Kampung Hortikultura. Sekarang, kami juga sedang mengidentifikasi kampung-kampung existing dan kami akan register kampung-kampung tersebut,” ungkap Prihasto dalam keterangan resminya, Jumat 22 Januari 2021.

Prihasto merinci dalam mengembangkan program tersebut, Kementan akan memberikan pendampingan dan pembinaan mengenai penerapan good agriculture practice (GAP) dan good handling practice (GHP).

“Bagi yang sudah siap, kami juga mempersiapkan untuk bantuan serta sarana-prasarana pengolahan dan pascapanen hortikultura,” jelasnya.

Lebih lanjut Prihasto menjelaskan nantinya setiap kampung akan mendapatkan bantuan kawasan 10 – 20 hektare. Bantuan yang diberikan berupa bibit unggul, pupuk serta sarana pengendali OPT. dengan harapan kampung tersebut ke depannya akan menjadi sentra unggul komoditas hortikultura.

“Nanti tiap satu kampung akan mendapat bantuan minimal untuk 10 sampai 20 hektare. Jadi akan terkonsentrasi di satu kampung tersebut. Akan kami berikan bibit unggul, pupuk, sarana pengendali OPT,” ungkap Prihasto.

Ia berharap melalui program tersebut, Indonesia akan memiliki sentra unggul komoditas hortikultura, baik buah-buahan maupun sayuran yang betul-betul terkonsentrasi.

Tags : 1000 Kampung Holtikultura

Berita Terkait