Neraca Dagang Februari Surplus 2 Miliar Dolar AS

| Senin, 15/03/2021 14:32 WIB
Neraca Dagang Februari Surplus 2 Miliar Dolar AS Kapal Peti Kemas (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa neraca perdagangan Indonesia kembali surplus kesepuluh kalinya berturut-turut sejak Mei 2020. Adapun total surplus neraca dagang pada Bulan Februari adalah 2 miliar dolar AS.

"Neraca dagang kembali surplus sebesar 2 miliar dolar AS. Performa ekspor dan impor menggembirakan," kata Kepala BPS, Suhariyanto dalam konferensi pers virtual, Senin 15 Februari 2021.

Suhariyanto mengatakan surplus neraca perdagangan Februari disebabkan oleh nilai ekspor yang lebih besar daripada nilai impor. 

Ia merinci, nilai ekspor bulan Februari 2021 tercatat sebesar 15,27 miliar dolar AS. Sementara, nilai impor mencapai 13,26 miliar dolar AS.

“Performa ekspor kita menjanjikan, karena naiknya permintaan dari berbagai negara dan didukung oleh kenaikan harga komoditas,” sambung Suhariyanto. 

Bahkan, surplus Februari dinilai jauh lebih besar dibandingkan dengan surplus Januari dan Februari 2020 yang pada waktu itu senilai 1,88 juta dolar AS. 

Ke depan, Suhariyanto berharap agar perkembangan ekspor dan impor bisa lebih baik sejalan dengan harapan terjadinya surplus neraca dagang yang ke sebelas kalinya.

 

Tags : Neraca dagang surplus

Berita Terkait