Harga Daging Ayam Terpantau Tinggi Jelang Lebaran

| Rabu, 28/04/2021 11:50 WIB
Harga Daging Ayam Terpantau Tinggi Jelang Lebaran Pedagang Ayam di Pasar Rakyat (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, harga beberapa bahan pokok seperti daging ayam di pasar rakyat dilaporkan naik.

Di Jawa Barat misalnya, dari 13 wilayah harga rata rata daging ayam berada di kisaran Rp 22.289 per kg. Tertinggi ada di Kabupaten Pengandaran dengan catatan harga di tingkat produsen sebesar Rp 24.167 per kg.

Sementara itu, di Jawa Tengah, dari 24 kabupaten harga daging ayam rata-rata sebesar Rp 22.340 per kg. Dengan daerah yang tertinggi adalah Kabupaten Pati di harga Rp 23.500 per kg.

Sedangkan di daerah Jawa Timur, dari total 24 kabupaten harga daging ayam berada di kisaran Rp 21.494 per kg. Wilayah dengan harga tertinggi adalah Kabupaten Pasuruan dengan harga Rp 24.000 per kg.

Terkait dengan fenomena hal itu, Pemerintah menilai jika kenaikan harga ayam disebabkan kenaikan harga jual dari tingkat produsen.

Adapun acuan dari Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) harga ayam berada di kisaran Rp 19.000 sampai dengan Rp 21.000 per kg.

"Dari tiga contoh wilayah itu, nah ini yang akan diintervensi, pemerintah akan mengambil langkah-langkah jika memang terjadi kenaikan harga hal yang diluar kendali dengan melakukan intervensi pasar," tegas Direktur Jenderal Pertenakan dan Kesehatan Hewan, Nasrullah dalam catatan tertulisnya, Rabu 28 April 2021.

Ia juga mengimbau agar seluruh pihak bisa bersama-sama mengatasi persoalan dinamika harga ayam hidup ini agar kembali dalam range harga yang normal.

“Pemerintah berupaya bergerak cepat dalam mengatasi kenaikan harga. Dengan mengumpulkan para stakeholder terkait agar dapat memastikan masalah dalam pakan ternak menjadi penting untuk dilakukan” tukas Nasrullah.

Tags : Harga Ayam , Pakan Ayam

Berita Terkait