Konsumsi Listrik Naik, PLN: Sinyal Ekonomi Mulai Bangkit

| Kamis, 09/09/2021 12:29 WIB
Konsumsi Listrik Naik, PLN: Sinyal Ekonomi Mulai Bangkit Sektor Ketenagalistrikan (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - PT PLN (Persero) mencatat konsumsi listrik mencapai 146 Twh (Terra Watt hour) sejak Januari hingga Juli 2021, tumbuh 4,44% dari periode yang sama tahun lalu. 

Indikasi pemulihan ekonomi pascapuncak pandemi pun terlihat di beberapa sektor. Misalnya, konsumsi listrik di sektor industri tumbuh 9,93%. Hal ini mengindikasikan bahwa sektor industri di Indonesia sudah mulai bangkit kembali. Di sisi lain, sektor rumah tangga tumbuh sebesar 3,34%.

“Ini menandakan Indonesia sudah mulai bangkit dari pandemi Covid-19, dan ekonomi sudah mulai berjalan,” kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, dalam keterangan tertulis, Kamis 9 September 2021.

Berdasarkan data PLN, pertumbuhan konsumsi listrik sektor industri yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah besi dan baja sebesar 21 persen diikuti oleh otomotif sebesar 19,5 persen, tekstil sebesar 6,9 persen, plastik sebesar 5 persen dan makanan & minuman sebesar 3,7 persen.

“Untuk sektor bisnis hingga Juli, memang belum terlalu tumbuh signifikan. Meski begitu, sektor bisnis seperti mall, pusat perbelanjaan hingga sektor pariwisata mulai menunjukkan pertumbuhan yang lebih baik,” tambah Bob.

PLN juga mencatat peningkatan beban puncak kelistrikan, khususnya di Jawa-Bali. Pada semester I 2021, beban puncak kelistrikan tercatat berada di atas 27 ribu megawatt (MW). Adapun beban puncak tertinggi terjadi pada 8 Juni 2021 sebesar 27.335 MW. Sebelumnya pada 2020, beban puncak kelistrikan Jawa-Bali hanya berada di angka 26 ribu MW.

 

Tags : Beban Listrik , Konsumsi Listrik

Berita Terkait