Menkop UKM: UMKM Kuliner Paling Cepat Pulih Dari Dampak Covid-19

| Senin, 20/12/2021 12:20 WIB
Menkop UKM: UMKM Kuliner Paling Cepat Pulih Dari Dampak Covid-19 Industri Makanan dan Minuman (Mamin) (Doc: Pelaku Bisnis)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, mengungkapkan bahwa UMKM bidang makanan merupakan sektor yang paling cepat pulih dari keterpurukan dampak dari pandemi Covid-19.

Pernyataan lain terkait efektivitasnya UMKM pangan juga senada dengan laporan Shopee dan World Bank (2020) yang mencatat bahwa sektor makanan menjadi sektor yang populer sebagai usaha peralihan alternatif UMKM dari sektor lain yang mengalami dampak pandemi lebih keras.

“UMKM bidang makanan merupakan sektor yang paling cepat pulih dari keterpurukan dampak dari pandemi Covid-19,” kata Teten dalam acara Grand Launching “RichCreme” Whip Crème Powder PT Lautan Natural Krimerindo (LNK), belum lama ini.

Sebagaimana diketahui Pandemi Covid-19 dalam 2 tahun terakhir ini telah memberikan dampak signifikan terhadap ekonomi para pelaku usaha, termasuk UMKM.

Berdasarkan hasil riset dari UNDP Oktober 2021, kendala yang dialami UMKM saat pandemi adalah, kekurangan biaya produksi sebesar 35.2%, Penurunan permintaan 30.2%, Regulasi Pemerintah 27.5%, Akses Keuangan 4.9%, dan Bahan baku 2.2%.

Teten menekankan bahwa untuk bertahan dan memenangkan tantangan di era disrupsi dan pandemi ini tidak lain adalah beradaptasi dan bertransformasi dengan didukung kreativitas, inovasi, digitalisasi dan kolaborasi.

“Transformasi ini bukan hanya dengan keikutsertaan dan adaptasi UMKM kuliner di era digital. Namun juga bagaimana UMKM kuliner dapat memformalisasi usahanya agar lebih legal dan terstandarisasi melalui sertifikasi produknya," pungkas MenKopUKM

Tags : UMKM Kuliner , Sektor Pangan

Berita Terkait