Harga Minyak Dunia Menguat di Tengah Tingginya Produksi

| Kamis, 06/01/2022 11:38 WIB
Harga Minyak Dunia Menguat di Tengah Tingginya Produksi Harga Minyak Mentah Lagi-Lagi Turun (Foto: Fortune)

RADARBANGSA.COM – Harga minyak menguat pada Kamis, setelah produsen OPEC Plus sepakat menaikkan target produksi untuk Februari. Di saat yang sama persediaan bahan bakar Amerika melonjak karena penurunan permintaan akibat melonjaknya kasus Covid-19.

Reuters mencatat, minyak mentah berjangka Brent meningkat 80 sen, atau 1%, menjadi USD80,80 per barel. Sementara itu minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI), melesat 86 sen, atau 1,1%, menjadi USD77,85 per barel.

Pasar memangkas kenaikan setelah risalah dari pertemuan terakhir Federal Reserve dirilis, yang menunjukkan pembuat kebijakan mungkin harus menaikkan suku lebih cepat daripada yang diantisipasi pasar. Minyak turun, mengikuti aset berisiko lainnya, seperti saham.

Stok minyak mentah Amerika menyusut 2,1 juta barel, sebagian karena insentif pajak bagi produsen untuk mengurangi persediaan sebelum akhir tahun.

Namun, persediaan bensin melonjak lebih dari 10 juta barel, dan stok sulingan naik 4,4 juta barel. Naiknya pasokan karena permintaan yang lemah selama pekan terakhir 2021 akibat varian Omicron virus korona.

Amerika Serikat melaporkan hampir 1 juta infeksi virus korona, Senin, penghitungan harian tertinggi dari negara mana pun dan hampir dua kali lipat dari puncak AS sebelumnya yang dicapai seminggu sebelumnya.

“Permintaan produk tersirat – terutama untuk bensin – merosot, menunjukkan bahwa masyarakat berhati-hati tentang perjalanan setelah melonjaknya kasus varian Omicron. Ketakutan ini kemungkinan akan bertahan selama beberapa pekan," kata Caroline Bain, Kepala Ekonom Komoditas di Capital Economics.

Tags : Harga Minyak , Minyak Dunia