Komisi XI DPR Minta Dirjen Bea Cukai Optimalkan Penerimaan Tahun ini

| Selasa, 25/01/2022 19:15 WIB
Komisi XI DPR Minta Dirjen Bea Cukai Optimalkan Penerimaan Tahun ini Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Fathan mendorong Dirjen Bea dan Cukai untuk mengoptimalkan penerimaan tahun depan. Pihaknya juga mengapresiasi capaian baik dari Bea dan Cukai yang berhasil meningkat dibanding sebelumnya.

"Kami berpesan agar Dirjen Bea dan Cukai terus mengoptimalkan langkah strategis dalam merealisasikan penerimaan kepabeanan dan cukai," ujarnya dilansir dari laman resmi DPR RI, Selasa, 25 Januari 2022.

Dijelaskannya, dibutuhkan beberapa langkah strategis melalui penguatan proses pemeriksaan dan pengelolaan penerimaan. Termasuk, lanjutnya, peningkatan kemenangan sengketa banding, join program (DJP-DJBC-DJA), dan kerja sama dengan Kementerian /Lembaga terkait maupun aparat penegak hukum dalam rangka pengamanan penerimaan, menutup potensi kebocoran, hingga pemberantasan BKC ilegal.

"Juga meningkatkan perlindungan masyarakat dan dukungan terhadap perekonomian yang efektif dan berkontribusi," kata politisi PKB ini.

Komisi XI DPR RI juga mengapresiasi capaian cukai tahun lalu yakni Rp195,5 triliun atau melebihi target awal senilai Rp180 triliun. Realisasi tersbeut juga lebih tinggi dibandingkan capaian cukai tahun 2020 lalu yang hanya sebesar Rp176,3 triliun.

Tags : DPR RI , Bea Cukai , Penerimaan Negara , Indonesia