Harga Minyak Mentah Melorot Jelang Pertemuan AS-Rusia

| Senin, 21/02/2022 11:27 WIB
Harga Minyak Mentah Melorot Jelang Pertemuan AS-Rusia Kilang Minyak (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Harga minyak melorot jelang pertemuan Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin 21 Februari 2022.

Mengutip Reuters, Harga Minyak mentah berjangka Brent turun 73 sen atau 0,8 persen menjadi diperdagangkan di 92,81 dolar AS pada pukul 02.24 GMT, setelah melonjak lebih dari 1 dolar AS menjadi 95,00 dolar AS pada awal perdagangan, level tertinggi sejak Rabu (16/2/2022).

Sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS juga turun 52 sen atau 0,6 persen, menjadi diperdagangkan di 90,55 dolar AS per barel setelah mencapai level tertinggi 92,93 dolar AS.

Kedua kepala negara berencana bertemu untuk membicarakan tentang krisis Ukraina dan prospek kesepakatan nuklir antara Iran dalam dua minggu ke depan.

Pasar minyak telah gelisah selama sebulan terakhir di tengah kekhawatiran invasi Rusia ke tetangganya dapat mengganggu pasokan minyak mentah.

Analis mengatakan harga akan tetap bergejolak dalam waktu dekat karena minyak mentah Iran kemungkinan hanya akan kembali akhir tahun ini.

"Ada begitu banyak tekanan geopolitik sehingga sulit untuk mengetahui apa jawabannya (pada pergerakan pasar) - dengan Ukraina dan Iran," kata Analis Komoditas National Australia Bank Baden Moore, dikutip Senin 21 Februari 2022.

Sementara itu Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan Rusia akan terputus dari pasar keuangan internasional dan akan kehilangan akses ekspor ke pasar utama jika peperangan dilanjutkan.

"Jika invasi Rusia terjadi seperti yang telah diperingatkan AS dan Inggris dalam beberapa hari terakhir, Brent berjangka bisa melonjak di atas 100 dolar AS per barel, bahkan jika kesepakatan Iran tercapai," kata Analis Commonwealth Bank Vivek Dhar.

Tags : Minyak Mentah , Harga Minyak