Gas Bumi Jadi Alternatif Transisi dari Energi Fosil

| Rabu, 23/02/2022 15:25 WIB
Gas Bumi Jadi Alternatif Transisi dari Energi Fosil Kapal Tanker Liquified Natural Gas (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Indonesia sedang berada dalam peta jalan untuk beralih ke energi non fosil. Ga Bumi dinilai menjadi salah satu alternatif untuk menuju Indonesia yang lebih sehat.

“Penggunaan gas bumi merupakan salah satu jembatan transisi energi menuju pemanfaatan sumber-sumber energi terbarukan. Karena gas bumi dikenal sebagai energi yang memiliki efisiensi pembakaran sangat baik, bersih, ramah lingkungan dan lebih murah jika dibandingkan dengan minyak bumi," jelas Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam BAPPENAS, Arifin Rudiyanto, dalam keterangannya, Rabu 23 Februari 2022.

Arifin menekankan transisi energi dari penggunaan bahan bakar fosil ke energi terbarukan memiliki peran sangat penting dalam mencapai Net Zero Emission yang menjadi jangka panjang dan kebijakan transisi energi di Indonesia.

Pemanfaatan gas bumi sebagai energi transisi juga sudah dilakukan di beberapa negara lain. Hal ini dibuktikan dengan adanya data kenaikan permintaan gas bumi pada Energy Global Demand yang disampaikan oleh Lenita Tobing dan Asheesh Sastry. Perkiraan permintaan gas bumi secara global memiliki tren positif hingga tahun 2040.

Tags : Gas Bumi , Fosil

Berita Terkait