Di Presidensi G20, Indonesia Ingin Semua Negara Pulih Bersama

| Selasa, 29/03/2022 18:25 WIB
Di Presidensi G20, Indonesia Ingin Semua Negara Pulih Bersama Kick Off G20 Kemnaker (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan bahwa pemulihan harus menjadi pemulihan untuk semua negara dan bukan hanya bagi negara yang mampu saja.

Wamenkeu mengatakan bahwa pemulihan harus menjadi pemulihan untuk semua negara dan bukan hanya bagi negara yang mampu saja.

“Tapi kita harus bisa pulih bersama di seluruh Indonesia. Kami percaya bahwa dunia juga harus dalam pengertian itu. Kita harus pulih bersama (di semua wilayah negara dan dunia),” kata  Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara dalam pidato kuncinya pada Global Solution Summit 2022 di Jerman, Selasa 29 Maret 2022.

Dalam kaitan ini, sebagai Presidensi G20, Indonesia akan berupaya untuk memperkuat peran G20 sebagai forum kepemimpinan global dengan berbagai aksi kolektif dalam menangani isu-isu strategis global yang kritis.

Indonesia adalah negara yang sangat beragam yang memiliki 270 juta penduduk, dimana 60% persen penduduk berada di Pulau Jawa, 20% penduduk berada di pulau Sumatera, dan 20% sisanya tersebar merata di seluruh nusantara.  Daerah geografis Indonesia juga sangat luas dan memiliki tiga zona waktu yang berbeda.

Wamenkeu melanjutkan bahwa isu mengenai kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kepemimpinan Indonesia di G20.  Hubungan antara keuangan dan kesehatan juga sangat penting.  Maka, Indonesia akan mendorong kolaborasi forum global untuk bersama-sama mendiskusikan dan menghasilkan hal-hal yang konkret terkait proses pemulihan global ini agar tercipta secara merata.

 

 

Tags : suahasil , g20 , presidensi

Berita Terkait